Mamuju (ANTARA) - Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat menggelar vaksinasi COVID-19 terapung bagi masyarakat pesisir dan nelayan di daerah itu.

Kasat Polairud Polres Polewali Mandar Ajun Komisaris Polisi Ramli di Polewali Mandar, Kamis, menyampaikan pihaknya melakukan vaksinasi terapung dengan menyasar masyarakat di pesisir pantai, terutama nelayan.

"Vaksinasi di tengah laut ini sangat luas dan panjang sekali, mulai dari timur hingga ke barat laut," kata dia.

Ia menyatakan secara optimal mendukung vaksinasi bagi masyarakat di daerah itu.

"Semua kita harus layani, tidak hanya di darat saja tapi juga di laut dan pesisir pantai, karena nelayan itu kita ketahui kerja malam dan tidak ada waktu datang ke gerai vaksin. Nah, melalui vaksinasi terapung ini kita lakukan jemput bola," katanya.

Baca juga: Tim 9 Vaksinator Polres Polman sasar pondok pesantren

Baca juga: Polres Polewali Mandar kerahkan 21 tim vaksinator dukung capaian vaksinasi

Pelayanan Gerai Vaksinasi Terapung Satpolairud Polres Polewali Mandar bersama tim vaksinator dari Mabes Polri itu dilaksanakan di Dusun Welang Pelang, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang.

Vaksinasi terapung, menurut Ramli, menjadi salah satu alternatif upaya meningkatkan persentase masyarakat yang tervaksinasi dalam meningkatkan kekebalan tubuh berkaitan dengan penyebaran COVID-19.

"Juga memberikan kemudahan, bahkan aksi ini akan kami lakukan secara bertahap ke sejumlah perairan di Kabupaten Polewali Mandar," ujar Ramli.

Gerai Vaksinasi Terapung, tambahnya, sebagai salah satu strategi dalam percepatan vaksinasi sehingga tujuan mewujudkan kekebalan kelompok bisa tercapai.

"Sekali lagi ini bertujuan membentuk 'herd immunity' (kekebalan kelompok) dan mencegah nelayan dari bahaya terpapar COVID-19," kata dia.

Selain vaksinasi kepada para nelayan, melalui Gerai Vaksinasi Terapung, Satpolairud Polres Polewali Mandar selama ini juga menyelenggarakan vaksinasi di berbagai titik dengan cara "door to door" atau mendatangi rumah-rumah warga.

"Mudah-mudahan pencapaian vaksinasi terus meningkat," kata Ramli.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024