Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI melaksanakan tes usap terhadap seluruh personel Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI untuk mencegah penularan COVID-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI Makassar Letkol Laut (K) David Langgeng di Makassar, Senin, mengatakan tes usap dilakukan bagi seluruh personel baik militer maupun sipil untuk mendeteksi penularan termasuk mengantisipasi varian omicron.

"Ini adalah upaya kami untuk mendeteksi COVID-19 khususnya varian Omicron yang memang sudah ada terdeteksi di Sulsel," ujarnya.

Tenaga kesehatan yang dikerahkan langsung mengambil sampel cairan dahak, hidung dan tenggorokan Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari diikuti Wadan Lantamal VI beserta seluruh pejabat teras dan Kadis/Kasatker, seluruh personel Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI.

Letkol David Langgeng menyatakan interaksi dari para prajurit beserta keluarganya terhadap masyarakat umum tidak diketahui pasti, tetapi bisa ditelusuri melalui tes usap massal tersebut.

"Kegiatan ini kami laksanakan untuk mendeteksi dini COVID-19 varian Omicron di area wilayah kerja Mako Lantamal VI," katanya.   Menurut dia, hingga saat ini belum ada personel TNI AL di Mako Lantamal VI yang tercatat terpapar varian Omicron, bahkan untuk varian umum lainnya juga masih negatif.

"Saat ini kami terus melakukan tes dan tracing untuk mengantisipasi penyebaran," terangnya.

Letkol Laut David juga menyampaikan kepada para peserta tes usap massal agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, saat berada di tengah masyarakat atau di tempat mana pun.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024