Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti melantik 58 pejabat baru di lingkungan Kemendikbudristek pada Jumat.

Pada acara pelantikan pejabat yang berlangsung di Jakarta, Suharti menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengerjaan tugas-tugas di Kemendikbudristek, termasuk kolaborasi dengan pemerintah daerah, lembaga, dan sektor swasta.

"Pemda memegang anggaran pendidikan yang paling besar, yaitu sekitar 60 persen. Maka, kita perlu terus bergandeng tangan memastikan pemda terus bersama kita melaksanakan kebijakan-kebijakan pendidikan yang telah kita tetapkan, yang sejak penyusunan dan penetapannya juga terus kita kolaborasikan," katanya.

Dia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak hampir dua tahun lalu membuat Kemendikbudristek harus melakukan penyesuaian rencana strategis.

"Kita harus bekerja cepat, penuh inisiatif dan kreativitas, supaya tujuan Kemendikbudristek dalam rencana strategis tercapai," katanya.

Suharti mengatakan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik bahwa tugas Kemendikbudristek amat berat dan seluruh jajaran di kementerian punya tanggung jawab besar untuk melaksanakannya.

"Hal-hal yang perlu diperkuat, mohon segera diperkuat," katanya.

Pejabat baru yang dilantik antara lain Supriyatno sebagai Kepala Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Hafidz Muksin sebagai Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa; Imam Budi Utomo sebagai Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa; dan Iwa Lukmana sebagai Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Selain itu ada Tipri Rose Kartika yang dilantik menjadi Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif Periode Tahun 2022-2026 dan Yani Paryono yang dilantik menjadi Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.

Pejabat di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) yang dilantik meliputi Fansyuri Dwi Putra sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II; Agus Supriatna sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV; Adhrial Refaddin sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI; Taufiqurrahman sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V; dan Ivan Rovian sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIIl.

Selanjutnya, ada I Wayan Suarjaya yang dilantik sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII; Munawir Sadzali Razak sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX; Rahmi sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X; Rinawati Agustini sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XI; dan Isak Hendrik Sinay sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII.

Pejabat baru lain yang dilantik yakni M. Najib sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII; Heru Sukoco sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV; Abdurrahman Abdullah sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV; dan Irwan Halid sebagai Kepala Bagian Umum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI.


Pewarta : Indriani
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024