Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan tetap mempertahankan wilayah kepulauan Balabalakang yang digugat pemerintah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Pemerintah di Mamuju akan mempertahankan wilayah Pulau Balabalakang yang digugat Kaltim agar masuk dalam wilayahnya," kata Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan sudah sangat jelas jika wilayah Pulau Balabalakang yang berada di wilayah selat Makassar, merupakan wilayah Kecamatan Balabalakang yang masuk dalam wilayah Kabupaten Mamuju.

"Pemerintah di Mamuju akan tetap mempertahankan pulau Balabalakang tersebut, meskipun terus menerus coba dicaplok Kaltim agar masuk dalam wilayahnya," katanya.

Menurut dia, pemerintah di Mamuju terus memberikan perhatian pembangunan di Pulau Balabalakang dengan memberikan pelayanan pembangunan masyarakat dipulau tersebut.

Baca juga: Pemprov Sulbar Laporkan Sengketa Kepuluan Balabalakang

Baca juga: Pemprov Sulbar bantu sarana air bersih untuk warga pulau Balabalakang Mamuju

"Bantuan alat tangkap dan sarana perikanan terus diberikan kepada masyarakat nelayan di wilayah pulau itu dan akan disentuh dengan berbagai program pembangunan," katanya.

Ia mengatakan, bantuan pelayanan kesehatan seperti BPJS Kesehatan maupun bantuan sarana pendidikan dan berbagai program pembangunan lainnya telah diberikan pemerintah di Mamuju.

Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah Kaltim menghentikan niatnya untuk mencaplok wilayah Balabalakang karena telah menjadi wilayah Kabupaten Mamuju.

"Pemerintah Mamuju akan bersama dengan pemerintah Provinsi Sulbar untuk mempertahankan Pulau Balabalakang," ujarnya.

Sementara itu Ketua Front Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Pimpinan Kota Mamuju, Suyuti, mengatakan mendukung Pemkab Mamuju mempertahankan Pulau Balabalakang dan meminta pemerintah Mamuju juga menyiapkan langkah hukum.

"Kalau pemerintah Kaltim melakukan upaya hukum, mestinya pemerintah Mamuju juga melakukan upaya hukum, mempertahankan Pulau Balabalakang," ujarnya.

Ia mengatakan pulau Balabalakang secara administrasi merupakan wilayah Mamuju, sehingga harus dipertahankan karena Pulau Balabalakang memiliki potensi perikanan yang dapat mendorong kemajuan daerah Kabupaten Mamuju.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024