Makassar (ANTARA News) - Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Sulawesi Selatan optimistis cabang olahraga gulat dapat dipertandingkan untuk pertama kalinya di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV Bantaeng 2014.

Pengurus sekaligus pelatih gulat Sulsel Juhanis, di Makassar, Minggu, mengatakan sikap optimistis itu disebabkan komitmen beberapa daerah untuk mengembangkan cabang olahraga gulat di Sulsel.

Menurut dia, daerah yang telah menyatakan kesiapannya membentuk pengurus cabang gulat diantaranya, Makassar, Pangkep, Palopo, Tator, Jeneponto, dan Enrekang.

"Syarat cabang olahraga bisa diperlombakan yakni minimal memiliki enam pengurus cabang di daerah dan itu akan kita penuhi. Mudah-mudahan kehadiran gulat di Porda menjadi momentum untuk kebangkitan gulat di Sulsel," ucapnya.

Selain kesiapan sejumlah daerah, keyakinan PGSI Sulsel bahwa gulat bisa dipertandingkan juga terkait sarana dan prasarana. Artinya, gulat tidak memerlukan peralatan yang mahal seperti halnya anggar, ski air, selam ataupun olahraga dirgantara.

Juhanis juga percaya olahraga tersebut bisa diterima masyarakat sehingga peluang gulat dipertandingkan di kejuaaran daerah bisa terlaksana.

"Kita juga terus berupaya melakukan sosialisasi bagi sejumlah daerah lainnya untuk bersama-sama mengembangkan olahraga gulat di Sulsel," ujarnya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel Nukhrawi Nawir bersyukur dengan keseriusan PGSI Sulsel untuk berpartisipasi di Porda. Pihaknya juga berharap hal itu membuat gulat Sulsel bisa diandalkan baik di tingkat nasional ataupun innternasional.

"Persyaratan setiap cabang olahraga untuk bisa dipertandingkan di Porda memang minimal mempunyai enam pengurus cabang. Kita siap mengakomodir keinginan pengurus gulat Sulsel tersebut," ujarnya. (T.KR-DF/F003)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024