Makassar (ANTARA) - Manajemen PT Telkomsel terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan dari 3G menuju 4G/LTE secara bertahap pada 504 kabupaten/kota di Indonesia dengan tahap awal pada Maret-Mei 2022 pada 766 kecamatan termasuk empat kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. 

"Untuk di Sulsel, tahap pertama akan dilakukan di Kepulauan Selayar yakni di  empat Kecamatan Benteng, Bontoharu, Bontomanai, Bontomatene," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho melalui siaran pers yang diterima di Makassar, Sabtu. 

Bulan Maret ini, kata dia, menjadi tahap pertama Telkomsel melakukan upgrade atau perbaikan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia, dan ditargetkan selesai pada Mei 2022, kemudian dilanjutkan pada upgrade tahap kedua.

Proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE tersebut akan dilakukan secara berkala, tahap pertama di mulai pada Maret hingga Mei 2022 di 90 kabupaten kota yang mencakup 766 kecamatan.

Dilanjutkan tahap kedua di 132 kabupaten kota, dan tahap ke tiga di 178 kabupaten kota serta tahap ke empat di 104 kabupaten kota, dengan total keseluruhan 504 kabupaten kota dirampungkan hingga akhir tahun 2022.

"Kami mengajak seluruh pelanggan yang masih menggunakan layanan 3G agar segera beralih ke layanan 4G/LTE, dan dapatkan kuota tambahan hingga 30GB khusus pelanggan yang telah melakukan penukaran kartu 4G (uSIM)," ujarnya.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G bisa melakukan pengecekan  ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.

Bagi pelanggan yang sudah migrasi ke layanan 4G/LTE, tetap bisa menggunakan layanan telepon seperti biasa, dengan memaksimalkan jaringan 2G dan 4G/LTE yang tersedia di setiap wilayah.

Pelanggan juga dapat merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD sambil menikmati akses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan dengan menggunakan layanan VoLTE Telkomsel.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024