Makassar (ANTARA News) - Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Sulawesi Selatan menargetkan transaksi perdagangan sekitar Rp10 miliar dalam National Computer Expo (NICE) 2012 yang akan dilaksanakan di Celebes Convention Centre.

"Kami optimistis transaksi perdagangan pada pameran mencapai angka Rp10 miliar dan merupakan angka minimal mengingat tingginya animo masyarakat terhadap kebutuhan teknologi dan informasi," ujar Bendahara Apkomindo Sulsel Wandy Efendi di Makassar, Kamis.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan pengunjung hingga 50.000 orang selama lima hari pameran informasi dan teknologi (IT) yang akan dilangsungkan pada 25-29 April 2012.

"Nice 2012 kali ini adalah salah satu kegiatan nasional Apkomindo, kegiatan ini merupakan seri pameran yang dilaksanakan secara bergantian di 15 kota di Indonesia," katanya.

Adapun 13 kota tempat berlangsungnya NICE 2012 adalah, Makassar, Bandung, Banjarmasin, Surabaya, Yogyakarta, Semarangm Pontianak, Banda Aceh, Malang, Palembang, Pekanbaru, Solo dan Bali.

Pada pameran yang akan mengambil tempat sekitar 3.600 meter persegi ini, pihaknya menggandeng beberapa lembaga pembiayaan untuk memudahkan pengunjung dalam membeli barang melalui proses kredit.

Bukan cuma pada pembiayaan, beberapa perbankan juga dilibatkan untuk mendukung kegiatan NICE 2012 dengan menyediakan mesin kartu kredit dan debit, serta mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Untuk pameran itu, penyelenggara mendapat dukungan dari beberapa merek elektronik PC yang sudah terkenal diantaranya, Acer, Lenovo, Dell, Sony serta beberapa perusahaan teknologi gadget.

"Jika tahun sebelumnya kami berhasil mencatatkan jumlah pengunjung sekitar 30.000 lebih, maka tahun ini kami targetkan kembali sekitar 50.000 orang pengunjug," ucapnya.

Transaksi penjualan pada pameran yang diselenggarakan 2011, lanjut dia, mencatat angka sekitar Rp9 miliar dan pastinya peningkatan itu akan terjadi pada tahun-tahun berikutnya.

Khusus untuk penyerapan dan penjualan personal computer (PC), notebook dan komputer jinjing (laptop) di wilayah Sulsel mencapai angka tujuh persen dari total penjualan sekitar 5 juta unit di seluruh Indonesia. 
(T.KR-MH/S016) 


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024