Gorontalo (ANTARA News) - Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo memberi motivasi kepada ratusan penderita kusta di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto, Kabupaten Bone Bolango.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Nurinda Rahim, Senin mengatakan bahwa, motivasi menjadi hal yang penting untuk membantu para penderita kusta.

"Merasa dikucilkan maupun semangat hidup yang menurun pasti dirasakan mereka, sehingga faktor psikologis merupakan hal utama yang harus diperhatikan," jelasnya.

Selain melakukan kunjungan secara intensif ke RS, PKK juga memberikan sejumlah bingkisan kepada sekitar seratus orang penderita kusta.

Menurut Nurinda, bingkisan itu merupakan hadiah bagi para penderita yang berupaya menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya.

PKK juga memberi pengarahan mengenai pentingnya menjalani pola hidup bersih dan sehat, untuk mencegah maupun mengobati penyakit kusta.

Kusta merupakan penyakit endemik di Bone Bolango dan merupakan prioritas pemerintah daerah dalam menekan jumlah penderita yang tertular.

Nurinda menambahkan, kusta berkembang dengan cepat bila warga lalai menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

"Penanganan penyakit ini harus terpadu. Penderita tidak boleh berkecil hati dan masyarakat di sekitarnya pun harus memberi semangat dengan tidak mengucilkan mereka," ungkapnya. (T.D015/I006) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024