Makassar (ANTARA) - Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menyerahkan bantuan benih padi, jagung dan kedelai kepada petani di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

"Saya berharap dengan bantuan benih ini bisa mendukung sehingga produksi pertanian dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat," kata MYL saat menyerahkan benih pertanian kepada sejumlah kelompok tani di rujab Bupati Pangkep, Selasa (19/4).

Menurut dia,  pada 2021 produksi kedelai mencapai 1.575 ton dengan luas lahan 750 hektere, produksi padi 198.010 ton dengan luas lahan 29.174 hektare.

Selain itu, Pemkab Pangkep melalui Dinas Pertanian akan memberikan kartu tani untuk mengetahui luas lahan dan kebutuhan pupuk petani.

"Dari situ, terekam dalam kartu. Tiap tahunnya, kita akan dapat jatah pupuk sesuai luas lahan yang kita miliki. Namun, saya sampaikan tahun ini alokasi anggaran untuk pupuk bersubsidi tidak terlalu banyak. Namun, intinya dengan adanya kartu tani ini, khusus petani saja yang bisa dapatkan pupuk bersubsidi," jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian Pangkep Andi Agustina mengatakan bantuan benih padi yang diserahkan ada empat varietas yaitu Mekongga, Impari 42, impari 32 dan ciheran, sementara benih jagung manis serta bennih kedelai varietas grobogan.

"Benih padi itu dibagikan untuk luas tanam 1000 hektare, kedelai 650 hektare dan Jagung 45 hektare, penerima bantuan merupakan perwakilan dari sembilan kecamatan di Pangkep," ucapanya.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024