Makassar (ANTARA) - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengirimkan alat berat untuk membersihkan material longsor dan membuka jalan di poros Sinjai-Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang sempat menghambat kelancaran lalu lintas di wilayah itu, pada Minggu.

Kepala BPBD Sinjai Budiaman dikonfirmasi dari Makassar, mengatakan alat berat yang dikirim telah dioperasikan hingga malam ini untuk membuka akses jalan di Kelurahan Tassililu, Kabupaten Sinjai sehingga bisa kembali dilalui pengguna jalan.

“Pak Bupati langsung perintahkan kami turun langsung begitu mengetahui informasi ini, dan alat berat PUPR hingga malam ini terus bekerja membersihkan material longsor yang menutupi jalan” kata Budiaman

Ia mengatakan pembersihan material longsor yang menutupi jalan tersebut memang membutuhkan penanganan yang lebih lama, sebab material longsor tidak bisa langsung dipindahkan ke samping jalan karena merupakan kebun warga setempat.

Masyarakat, kata dia, sejak awal menolak material longsor dipindahkan ke area perkebunan mereka di bagian bawah jalan karena akan merusak tanaman kebun mereka.

Untuk itu, pihaknya bersama Dinas PUPR memutuskan membawa material longsoran ke daerah yang lebih memungkinkan dengan menggunakan mobil truk

"Jarak lokasi pembuangan material itu kurang lebih satu kilo meter sehingga butuh waktu lebih lama untuk membersihkan. Jika saja tidak ada lahan perkebunan masyarakat maka tentu lebih mudah kita bersihkan," ujarnya.

"Kita akan terus berupaya agar akses jalan ini bisa kembali bisa dibuka. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan besok sudah bisa dilalui," lanjut dia.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024