Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Pusat Universitas Hasanuddin (Unhas) memfokuskan pelaksanaan Tes Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK -SBMPTN) 2022 di dua lokasi yaitu di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa .

“Tahun ini kami tidak lagi melibatkan mitra seperti tahun lalu, yakni beberapa SMA, SMK dan kampus swasta. Jadi, tahun ini semuanya dipusatkan di Kampus Unhas Tamalanrea dan Gowa,” kata Ishaq Rahman, Kabag Humas dan Masyarakat. Subdit Informasi Direktorat Komunikasi Unhas AMIPR di Makassar, Selasa.

Hasilnya hanya menyiapkan dua lokasi untuk memudahkan peserta tes mencapai lokasi. Hal ini juga akan membuat pengawas ujian tidak lagi disebar ke berbagai lokasi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi untuk UTBK Unhas Center ini kita implementasikan di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa,” ujarnya.

Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun ini akan menyelenggarakan ujian bagi 24.756 peserta dengan menggunakan 985 komputer.

Untuk ujian di Kampus Tamalanrea disediakan 780 komputer di lima lokasi dan Kampus Gowa tersedia 205 komputer di lima lokasi. Panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruang ujian.

“Khusus untuk pengamanan ujian, kami akan menerapkan pengawasan berlapis. Kami telah mengidentifikasi titik-titik potensi kecurangan. Oleh karena itu, kami akan mengoptimalkan pemantauan di titik-titik tersebut,” kata Koordinator Pusat UTBK Unhas Dr Eng Wardi ST M Eng.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024