Mamuju (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Barat H Anwar Adnan Saleh menyatakan rasa bangga karena wilayah kerjanya masuk nominasi sebagai daerah penyelenggara pilkada teraman di Indonesia.

"Hasil penyampaaian Menkopolhukam beberapa waktu lalu di Jakarta memberikan penilaian bahwa Provinsi Sulbar termasuk daerah yang sukses melaksanakan pilkada yang aman tanpa ada aksi anarkis maupun aksi protes yang berlebihan," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh saat menerima kunjungan jajaran Polda Sulselbar di Mamuju, Jumat.

Menurut dia, baru-baru ini tiga kabupaten yakni Mamuju, Mamuju Utara dan Majene telah melaksanakan pilkada dan termasuk penyelenggaran pilkada 2011 yang lalu.

"Empat kegiatan pesta demokrasi yang dilaksanakan di Sulbar semuanya berjalan lancar, aman dan terkendali tanpa ada aksi protes berlebihan seperti kejadian daerah lain yang melakukan pengrusakan atau pembakaran kantor pemerintahan," ungkapnya.

Walaupun, kata gubernur, penyelenggaraan pilkada di Sulbar ada yang diakhiri hingga ke meja Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kebanyakan pilkada berakhir di MK. Tetapi, itu tidak mengganggu proses penyelengaraan pilkada di Sulbar," ungkapnya.

Terciptanya rasa aman ini, kata gubernur, berkat dukungan dari aparat TNI dan Polri yang melakukan pengamanan setiap penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan di daerah ini.

"Kami memberikan rasa hormat dan penghargaan kepada aparat TNI dan Polri yang telah mencurahkan pengabdiannya sehingga daerah ini sukses melaksanakan pilkada yang aman," kata dia.

Ia menambahkan, dua kabupaten yakni Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamasa akan menggelar Pilkada 2013.

"Ini tantangan bagi para Kapolres di dua kabupaten ini. Kami harap, penyelenggaran pilkada Mamasa dan Polman juga menciptakan pesta demokrasi yang aman," kata Anwar. (T.KR-ACO/S023) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024