Makassar (ANTARA News) - Salah satu kandidat calon Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Rudiyanto Asapa, meminta kepada masyarakat agar menagih janji dari gubernur saat kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) sebelum terpilih.

"Masyarakat punya hak meminta dan menagih janji yang pernah dilontarkan oleh calon gubernur pada masa kampanye dulu," ujarnya usai meluncurkan 24 ambulans operasional Partai Gerindra di Hotel Sahid Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, janji para calon gubernur yang dikampanyekan sebelum terpilih menjadi senjata yang paling tepat untuk menarik dan meraup banyak suara pada saat akan pemilihan.

Namun, masyarakat juga harus lebih cerdas menganalisa mana janji yang bisa untuk ditepati dan mana janji yang hanya sekedar "dongeng" belaka untuk membuat senang masyarakat atau para konstituen.

"Sulsel ini merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang mempunyai banyak dinamika dan masyarakatnya juga sudah sangat cerdas. Maka dari itu, masyarakat diminta untuk tetap cerdas dalam menentukan pilihan serta tidak terbuai dengan janji manis," katanya.

Rudiyanto Asapa yang juga Bupati Kabupaten Sinjai selama dua periode ini mengaku tergerak untuk maju dalam pertarungan Pilkada Gubernur Sulsel pada 2013 dengan menitikberatkan programnya pada pendidikan dan kesehatan gratis serta kesejahteraan rakyat.

Pendidikan dan kesehatan gratis yang sudah dicanangkannya sejak 2003 hingga saat ini merupakan terobosan yang dilakukan pada awal masa pemerintahannya.

Pendidikan dan kesehatan gratis ini pula yang diadopsi oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada saat kampanye 2008, meskipun dalam perjalanannya kedua program ini tidak berjalan lancar.

"Saya hanya berusaha dan berbuat semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Jika hari ini kedua program ini sudah dijalankan, kami di Kabupaten Sinjai sudah menikmatinya sejak hampir satu dekade," ucapnya.

Bahkan keseriusan untuk meningkatkan layanan kesehatan gratis ini, Rudiyanto kemudian membagikan 24 kendaraan operasional berupa ambulance kepada masyarakat untuk dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang belum tersentuh oleh program gubernur. (T.KR-MH/H-KWR)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024