Makassar (ANTARA News) - Bank Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta perbankan nasional menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Perbankan 2012 untuk pelajar di tujuh kota besar di Indonesia termasuk Makassar.

Direktur Senior BI M Zaeni Aboe Amin di Makassar, Selasa, menjelaskan Olimpiade Perbankan 2012 merupakan ajang cerdas cermat bagi pelajar SD dan SMP yang digelar untuk meningkatkan minat masyarakat khususnya pelajar mengenai keuangan dan perbankan.

Kegiatan ini diselenggarakan di tujuh kota besar yakni Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar dan Banjarmasin.

Di Makassar, kegiatan diselenggarakan pada hari ini 5 Juni 2012 di kantor perwakilan BI wilayah I (Sulawesi, Maluku dan Papua) yang diikuti oleh pelajar dari 20 SD dan SMP.

Pemenang tingkat wilayah akan bertanding di tingkat nasional untuk memperebutkan piala Olimpiade Perbankan 2012 pada 26 Juni 2012 di Jakarta.

Kegiatan dengan tema "Ayo ke Bank, Cerdaskan Bangsa" merupakan salah satu pelaksanaan program edukasi masyarakat sebagai pilar program "financial inclusion" agar masyarakat lebih memiliki gambaran mengenai keuntungan dan risiko dari berbagai produk perbankan termasuk biaya yang timbul.

Lebih jauh, kegiatan edukasi ini merupakan salah satu bentuk perlindungan konsumen karena masyarakat yang terdidik secara keuangan akan dapat memproteksi diri serta memiliki "bargaining power" yang lebih seimbang dengan penyedia jasa keuangan.

Di sisi lain peningkatan edukasi akan mendorong masyarakat untuk menginklusikan diri dalam aktivitas keuangan dan perbankan yang menjadi salah satu tujuan program "financial inclusion"

Bank Indonesia berharap melalui kegiatan ini dapat terjaring bibit-bibit calon agen masyarakat terdidik secara keuangan yang dapat berkontribusi bagi pembangunan ekonomi Indonesia di masa depan. (T.KR-RY/R010)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024