Ambon (ANTARA News) - Cuaca buruk mengakibatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menangguhkan kegiatan peresmian monumen Pahlawan Nasional Johanis Leimena, di Ambon, Jumat siang.

Staf Protokoler Istana Fathurrahman mengumumkan penangguhan peresmian monumen Leimena dan 10 proyek lainnya di Maluku hingga Sabtu (9/6) pagi.

"Saya menyampaikan permohonan maaf dan silahkan mendengar pengumunan bahwa akibat cuaca buruk sehingga pesawat Kepresiden yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon pada Jumat siang, sekitar pukul 13.00 WIT berhalangan, maka kegiatan peresmian ditangguhkan hingga besok (Sabtu), sekitar pukul 09.00 WIT," ujarnya.

Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan, lanjutnya, saat ini masih berada di Makassaar. Bila cuaca membaik, maka dijadwalkan Kepala Negara tiba di Ambon pada Jumat petang.

"Jadi sekali lagi mohon maaf dan kegiatan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) XXIV dilaksanakan sesuai jadwal pada Jumat malam," kata Fathurrahman.

    

Hanya 700 meter


Sebelumnya ANTARA melaporkan dari Makassar cuaca buruk yang mengakibatkan terbatasnya jarak pandang pendaratan membuat penerbangan rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang semula akan menuju Ambon dialihkan ke Makassar sampai cuaca memungkinkan.

Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha dalam keterangan pers di Pangkalan Udara Hasanuddin, Makassar, Jumat siang mengatakan dari laporan pilot jarak pandang yang seharusnya 2.000 meter hanya bisa terlihat pada jarak 700 meter sehingga tidak memungkinkan untuk pendaratan.

"Kita ke Pangkalan Udara di Makassar karena cuaca di Ambon tidak memungkinkan. Jarak pandang waktu mendarat hanya 700 meter, seharusnya 2.000 meter, tidak dimungkinkan hanya 200-700 meter diputuskan kembali ke Makassar," kata Julian.

Ia menambahkan sementara menunggu cuaca memungkinkan untuk penerbangan menuju Ambon, Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan menunggu di ruang VVIP Pangkalan Udara Hasanuddin.

"Sedianya kita masih menunggu dalam dua jam ini akan melanjutkan penerbangan ke Ambon sebagaimana nanti malam membuka MTQ, (kita menunggu-red) dalam dua jam ini," kata Julian.

Presiden bertolak menuju Ambon dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 08.00 WIB atau pukul 10.00 WIT. Presiden dijadwalkan membuka MTQ di Ambon pada Jumat malam.  (l005/a011)


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024