Makassar (ANTARA News) - Atlet dari berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan yang mengikuti kualifikasi kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Sulsel di Asrama Haji Sudiang, Makassar, ditelantarkan.

Duta olahraga yang berasal dari sejumlah SD dan SMP di Sulsel tersebut tidak mendapatkan akomodasi dan konsumsi yang sesuai dari pihak penyelenggara yakni Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Sulsel.

Pelatih Sepak Takraw Pinrang Sudirman di Makassar, Minggu, menyatakan sangat menyesalkan kejadian itu, hal seperti itu seharusnya tidak terjadi karena seluruh atlet telah membayar biaya adimistrasi sebesar Rp400 ribu per orang.

Untuk mengikuti kejuaraan O2SN tersebut, Kabupaten Pinrang mengeluarkan sekitar Rp16 juta. Uang itu kita gunakan untuk biaya administrasi atlet sebanyak 65 orang.

"Kita tidak keberatan ketika diharuskan membayar uang administrasi dengan harapan kebutuhkan kita selama mengikuti kejuaraan terpenuhi. Namun kenyataanya tidak demikian dan tentu kita sangat dirugikan," ujarnya.

Selain persoalan makan atlet yang tidak maksimal, sarana transportasi atlet ke lokasi pertandingan seperti yang dijanjikan pihak panitia juga tidak bisa dikabulkan. Sebaliknya atlet justru diminta untuk mencari sendiri lokasi kejuaraan yang jaraknya cukup berjauhan.

Mengenai keputusan tetap bertahan di Makassar, menurut dia, karena keinginan Kabupaten Pinrang untuk bisa mewakili Sulsel pada kejuaraan tingkat nasional O2SN di Palembang, Juli 2012.

"Kita putuskan tetap bertahan karena keinginan kita untuk bisa membawa nama Sulsel di tingkat nasional. Cuma yang kita sesalkan karena meski tujuannya untuk prestasi Sulsel namun ternyata tidak diperhatikan," ucapnya.

Pelatih Takraw Sulsel Ramli yang menyempatkan hadir juga mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami atlet. Sebab, hal itu justru dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap motivasi atlet untuk serius di olahraga.

"Kita berharap kejadian seperti itu tidak terulang sehingga perkembangan olahraga Sulsel lebih maju," ujarnya.

Kejuaraan O2SN Tingkat Provinsi Sulsel yang diikuti ratusan peserta tersebut dibuka Minggu (10/6) dan akan berakhir 13 Juni 2012, mempertandingkan berbagai cabang olahraga yakni sepak bola, bulutangkis, tenis meja, voli, atletik serta sepak takraw. Juara dari setiap cabang akan mewakili Sulsel di O2SN tingkat nasional di Palembang, Juli 2012. (T.KR-DF/F003) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024