Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki membuka Liga Santri PSSI 2022 yang diikuti 126 tim dari tiga provinsi di Sulawesi.

"Pembukaan pertandingan sepak bola dalam rangka Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022 ini diikuti 126 tim di tiga wilayah Kodam XIV/Hasanuddin," kata Andi Muhammad di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Senin.

Dia mengatakan pelaksanaan turnamen sepak bola Liga Santri ini adalah tindak lanjut dari program TNI AD bekerja sama dengan KONI dan PSSI yang pelaksanaannya dilaksanakan hari ini secara serentak di jajaran Angkatan Darat di seluruh Indonesia.

Khusus untuk wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, diikuti oleh 126 Tim dari 3 provinsi yakni Sulawesi Selatan sebanyak 74 Tim, Sulawesi Barat 28 Tim dan Sulawesi Tenggara 15 Tim.

Khusus untuk wilayah Kota Makassar yang menjadi tempat pembukaan turnamen sepak bola, lanjut dia, terdapat 9 Tim yang siap bertanding.

Para pemenang dari masing-masing provinsi nantinya akan mewakili daerahnya untuk mengikuti turnamen Liga Santri di tingkat pusat.

"Pertandingan Sepak Bola Liga Santri ini bertujuan untuk mencari bibit atlet dari kalangan santri untuk selanjutnya dibina dan dikembangkan menjadi pesepak bola yang profesional, baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar Andi Muhammad.

Selain mencari atlet sepak bola yang potensial, kegiatan ini juga sekaligus sebagai perwujudan bakti TNI untuk negeri melalui pembinaan olahraga bagi generasi muda yang berbakat di cabang sepak bola sebagai wahana pengkaderan bagi pemain muda potensial.

Selanjutnya, ungkap dia, kelak bisa dilakukan pembinaan lebih lanjut untuk dipersiapkan memperkuat tim daerah, bahkan tim nasional pada kompetisi yang skalanya lebih besar.

Sebagai gambaran, beberapa pemain sepak bola ternama yang berasal dari kalangan santri seperti Evan Dimas, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Mursalim, Dedik Setiawan, Asnawi Mangkualam, Nadeo Argawinata dan Yadi Mulyadi diharapkan dapat diikuti  jejaknya.
  Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad disela peresmian pembukaan turnamen sepak bola Liga Santri PSSI Tahun 2022 di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Senin (20/6/2022). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024