Makassar (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk, North Region melakukan peningkatan kapasitas jaringan komunikasi hingga dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya untuk mengantisipasi lonjakan frekuensi komunikasi pada Ramadan dan lebaran tahun ini.

VP XL North Region Nuruddin Al Fitroh di Makassar, Selasa, menjelaskan, pihaknya telah mulai melakukan peningkatan kapasitas jaringan komunikasi.

"Kami akan tingkatkan lalu lintas komunikasi baik percakapan, pesan singkat maupun data, terutama di Kota Makassar,"katanya.

Peningkatan lalu lintas komunikasi di wilayah kerjanya yakni Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, tahun ini diprediksi mencapai 25 persen sementara khusus di Makassar diperkirakan mencapai 84 persen.

"Kami sudah mulai menambah kapasitas terutama Makassar yang diprediksi mengalami lonjakan paling tinggi," ujarnya yang menambahkan pihaknya telah siap mengantisipasi lonjakan komunikasi tersebut.

Operator telekomunikasi ini juga telah melakukan uji jaringan melalui jalur darat atau "drive test" dan hasilnya dinilai telah sangat siap.

Uji sinyal telah dilakukan pada 6-7 Juli 2012 di berbagai wilayah di seluruh Indonesia termasuk Makassar untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal.

Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari "voice call", "video call", SMS (Short Message Service) dan data (internet dan BlackBerry).

Secara nasional, saat ini XL sehari-hari melayani percakapan hingga 600 juta menit, 660 juta SMS dan trafik data sebesar 52 Terabytes.

Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2012 nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 20 hingga 30 persen dari trafik normal sehari-hari. (T.KR-RY/B008) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024