Makassar (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Dr Budi Djatmiko, mengatakan rembuk nasional sekaligus Rapat Pengurus Pusat Pleno1 (RPP) di Bali, 1-3 Juli 2022 akan fokus membahas tujuh permasalahan utama, di antaranya pajak PTS.

Budi Djatmiko dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan masalah tersebut yakni pembiayaan LAM yang sangat tinggi, pajak bagi PTS, uji kompetensi pendidikan kesehatan, yang tidak sesuai UU pendidikan tinggi, dan permasalahan ijin belajar dosen, dikotomi PTN/PTS

"Termasuk sulit dan lamanya perijinan prodi dan penggabungan PTS yang sudah bertahun-tahun, serta revisi UU Sisdiknas yang tertutup dan digitalisasi kampus yang menantang," katanya pada acara yang juga menghadirkan Rektor UMI Prof Dr Basri Modding sebagai narasumber itu.

Selain itu, RPPP I ini juga bertujuan mendengarkan sharing best practice PTS terbaik Indonesia sehingga bisa membangun PT unggul.

"Kita akan mencari solusi dan menyampaikan kepada Presiden, Kemendikbud Ristek dan Komisi X," ujarnya.

Pihaknya juga akan menjadikan tanggal 2 Juli 2022, sebagai hari kebangkitan perguruan tinggi swasta.

Merespon tantangan digital, Aptisi sudah membuah software, edufecta dan di acara itu juga akan memberikan hibah “SIM Digitalisasi Kampus” sebesar Rp5 miliar untuk setiap PTS dari Edufecta.

Hal ini bagian respons terhadap tantangan era 4.0, PTS harus mampu menjadi contoh, melahirkan anak bangsa yang cerdas siap bersaing era societ, 5.0.

APTISI akan mewadahi semua anggota untuk maju bersama, menjadi terdepan melakukan perubahan sebagai bagian adaptif merespon era distruption.

Dalam rembug nasional ini akan fokus membahas digitalisasi, sebagai respon era saat ini. Sistem konvensional, kata Budi, cukup mengganggu peningkatan mutu pendidikan tinggi Indonesia dan berbagai dampak lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Ketua APTISI Wilayah XIV Dr Drs I Made Sukamerta, Mpd melaporkan jumlah peserta sebanyak 2.500 orang terdiri atas Ketua APTISI Wilayah 1 sampai dengan XVI, Pimpinan PTS, yayasan, para dosen, organisasi profesi seluruh Indonesia, ABBPTSI, APPERTI, HPT, Asosiasi dekan dan prodi se-Indonesia.

Keynote dan narasumber acara itu direncanakan Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Ketua Komisi X DPR Rl Saeful Huda, Dirjen Dikti Nizam, Ketua BAN PT Ari Purbayanto, Ketum APTISI Budi Djatmiko.*

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024