Makassar (ANTARA) - Ketua Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Sulawesi Selatan yang juga Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sujana mengapresiasi pencapaian prestasi para karateka di berbagai kejuaraan mulai nasional hingga internasional.

Irjen Nana Sujana dalam sambutannya pada Kejuaraan Inkanas Piala Kapolda di GOR Unhas Makassar, Sabtu, mengatakan untuk pencapaian tingkat nasional diraih tiga karateka beregu beregu putri Magfirah, Riska dan Serda Kowad Nadia menjadi penyumbang medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Pasangan kata beregu putri Ini juga mampu mempersembahkan hasil maksimal pada tingkat internasional yakni  di Kejuaraan Piala Mendagri) Renzo International Open Karate Championship) pada 1 Juli 2022.

Selanjutnya pencapaian atlet andalan Krisda Putri Aprilia yang sukses merebut emas di sejumlah ajang mulai emas PON 2020 Papua, SEA Games 2019 Thailand, Kejuaraan Dunia Primer League WKF 2019 (perak), Kejuaraan Asia Tenggara AKF 2022 di Kamboja (emas) kejuaraan Asia AKF 2022 di Kazakhstan (perak) dan tampil di babak kualifikasi Olimpiade Tokyo di Paris 2019.

Inkanas juga memiliki atlet pemegang medali emas ASIAN Games atas nama Arif Taufan Syamsuddin.

"Selain atlet yang berprestasi, Inkanas Sulsel juga memiliki wasit bersertifikat Asia yakni Sensei Muslimin Russeng, serta oelatih terbaik Inkanas yang memiliki sertifikasi dunia (WKF World Karateka Federation) yakni Mursalim Bado'o," ujarnya.

Menurut dia, metode pelatihan yang dilakukan kami nilai begitu efektif karena dilakukan secara humanis, tetapi tetap tegas sehingga atlet merasa senang dan bersemangat dalam latihan.

Ia menambahkan, hal lain yang wajib diperhatikan untuk mencetak atlet berkualitas dan potensi meraih prestasi adalah tempat latihan yang representatif.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024