Mamuju (ANTARA) - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Barat melibatkan satuan pendidikan berbagai jenjang untuk mendorong kecintaan buatan produk buatan Indonesia kepada anak-anak sejak dini. 

"Pelaksanaan Gernas BBI di Sulbar ini, berbeda dengan sebelumnya. Saat ini, kami menyertakan satuan pendidikan dari berbagai jenjang dan jalur untuk berpartisipasi," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati, pada pembukaan Gernas BBI di Mamuju, Jumat. 
 
Pembukaan Bernas BBi yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, juga dirangkaikan dengan Gema Sulbar sebagai komitmen kolaborasi antara Kemendikbudristek selaku Manajer Kampanye Gernas BBI dengan Pemprov Sulbar, sebagai tuan rumah. 

Melalui pelibatan satuan pendidikan tersebut lanjut Kiki Yuliati, kecintaan produk-produk buatan Indonesia ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. 

"Mudah-mudahan dengan pelibatan satuan pendidikan dapat mendorong anak-anak kita juga mencintai buatan Indonesia," tutur Kiki Yuliati.

Kemendikbudristek, lanjut Kiki Yuliati, akan terus menggaungkan esensi Gernas BBI kepada seluruh peserta didik.

"Tentunya, kami juga berharap apabila anak-anak kita mencintai buatan Indonesia, mereka juga mengajak orang tua mereka buatan Indonesia," ucap Kiki Yuliati. 

Ia menyampaikan bahwa pembukaan Gernas BBI Semangat Sulbar di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju tersebut diikuti 1.500 peserta, baik secara daring maupun luring. 

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada Gernas BBI Semangat Sulbar, diantaranya Muslim Fashion Festival, simposium dengan tema 'Memupuk Karakter Bangga Buatan Indonesia, Manakarra Fair, pelatihan peningkatan kapabilitas UMKM dan satuan pendidikan,

Kegiatan lainnya yakni lomba mewarnai perahu Sandeq bagi PAUD dan murid SD, seminar dan workshop terkait perahu Sandeq, festival kuliner dan permainan tradisional, Sandeq Race segitiga serta pemutaran video berbagai warisan budaya Sulbar.

"Pembukaan ini sebagai penanda bahwa Kemendikbudristek dan Pemprov Sulbar berkomitmen untuk mendedikasikan dukungan Gernas BBI 2022," terang Kiki Yuliati. 

Pada pembukaan Gernas BBI Semangat Sulbar itu, ditandai dengan dengan peluncuran maskot dan jingle yang menjadi identitas kampanye Gernas BBI Semangat Sulbar. 
  Salah seorang peserta karnaval budaya yang mengenakan pakaian bercorak khas salah satu daerah di Indonesia pada pembukaan Gernas BBI Semangat Sulbar di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Jumat (29/7). (ANTARA/Amirullah)

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024