Makassar (ANTARA News) - Pelabuhan transportasi penyeberangan laut Kota Makasar menuju pulau-pulau di luar Makasar dipadati warga pada hari kedua Lebaran ini.

Pengelola pelabuhan transportasi penyeberangan pulau Kayu Bangkoa, Rahman Yandu di Makassar, Senin, mengatakan pada hari kedua Lebaran suasana dermaga ramai dikunjungi oleh warga yang akan menyeberang ke pulau di sekitar Kota Makassar tersebut.

Ia memprediksi, kondisi dermaga penyeberangan yang melayani penyeberangan ke Pulau Lae Lae, Kodingareng, Barrang Caddi, Barrang Lompo dan Samalona ini masih akan ramai hingga lima hari ke depan.

"Mereka menyeberang untuk bersilaturahim mengunjungi keluarga atau melakukan ziarah kubur," katanya. Selain untuk mengunjungi keluarga, beberapa warga memang bertujuan untuk mengisi libur lebaran dengan berwisata ke pulau-pulau tersebut.

Di dermaga ini, sebanyak delapan unit kapal motor berkapasitas 60 hingga 150 orang beroperasi melayani penumpang mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 11.30 WITA dengan tarif Rp10 ribu per kepala.

Selain penumpang, alat transportasi penyeberangan tersebut juga dapat mengangkut motor dengan tarif yang sama Rp10 ribu. Calon penumpang juga dapat menyewa satu kapal untuk digunakan untuk pribadi atau kelompok.

Para penumpang, lanjut dia, juga sangat mengerti dan terbiasa dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal termasuk soal kapasitas muatan.

Pada hari-hari biasa, dermaga ini merupakan jalur utama warga pulau untuk masuk ke Kota Makassar dengan tujuan berbelanja atau bekerja.

Dari kurang lebih 120 pulau yang tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan 12 diantaranya merupakan bagian wilayah Kota Makassar. Selain dermaga penyeberangan Kayu Bangkoa, terdapat dua pelabuhan penyeberangan lainnya yang lokasinya berdekatan yakni dermaga wisata Pulau Kayangan dan Persatuan Olahraga Perahu motor dan Ski Air (Popsa). (T.KR-RY/D012) 



Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024