Mamasa (ANTARA) - Desa Balla Barat,  Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dicanangkan sebagai Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik pada 2022.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mamasa, Sundari Budiani di Mamasa, Selasa, mengatakan, salah satu program unggulan yang dilaksanakan BPS Mamasa pada 2022, adalah program pembinaan Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik.

Ia mengatakan, pembinaan Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik di Mamasa dilaksanakan secara berkesinambungan dan komprehensif di tingkat desa.

"Program Desa Cantik ini telah dilaksanakan sejak 2021 dan akan kembali dilaksanakan pada 2022 di sejumlah desa yang ditetapkan," katanya.

Menurut dia, tujuan umum dari program tersebut adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa maupun masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

"Tujuan berikutnya yaitu menciptakan pengelolaan data statistik yang memenuhi standar, untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik," katanya.

Ia juga mengatakan, tujuan selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa yang dilaksanakan pemerintah daerah dapat tepat sasaran.

"Kemudian tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level masyarakat desa, untuk membantu pemerintah menyiapkan data yang dibutuhkan mensukseskan pembangunan," katanya.

Ia mengatakan, setelah pencanangan Desa Cantik di Desa Balla Barat, Kecamatan Balla ini, selanjutnya penanganan Desa Cantik ini juga akan dilaksanakan di Desa Tondok Bakaru Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa.

Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, mengapresiasi pencanangkan Desa Balla Barat sebagai Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik 2022 untuk mensukseskan pembangunan di Mamasa.

Ia juga berharap BPS Mamasa terus membantu pemerintah dalam menyiapkan data statistik yang dibutuhkan mendorong pembangunan agar tetap sasaran sehingga Kabupaten Mamasa terus berkembang.
 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024