Kolaka, Sultra (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, mendukung Universitas Sembilanbelas November (USN) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri.

Asisten III Setda Kolaka Ismail Bella di Kolaka, Jumat, mengatakan pemerintah daerah mendukung peningkatan status USN dari swasta menjadi universitas negeri karena memiliki nilai tambah bagi daerah penghasil perkebunan kakao dan pertambangan nikel itu.

"Sebagai bentuk dukungan Pemkab Kolaka kepada USN untuk menjadi PTN, pihaknya baru-baru ini telah melakukan rapat dengan tim daerah setempat terkait penyerahan aset tanah milik Pemda untuk dijadikan lokasi pembangunan kampus induk USN," katanya.

Menurut mantan Kepala BKD itu, dalam rapat tersebut diputuskan bahwa lahan bekas gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) telah memenuhi syarat dan layak untuk dihibahkan ke pihak USN.

"Saat ini tim melakukan proses pengalihan status aset tersebut dan diusulkan kepada DPRD agar disetujui aset itu diserahkan," katanya.

Ia juga menjelaskan, penyerahan aset Pemda kepada USN dengan persetujuan DPRD akan dilakukan dalam waktu dekat karena tim verifikasi dari Ditjen Pendidikan Tinggi akan berkunjung ke USN untuk proses penegerian universitas tersebut.

"Kita berharap dengan penyerahan aset tersebut tidak ada lagi kendala dalam mengalihkan status USN dari swasta ke universitas negeri," ujarnya.

Senada dengan Ismail Bella, Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir juga mendukung perubahan status USN tersebut karena dianggap suatu kebanggaan bagi masyarakat Kolaka.

"Secara kelembagaan kami sangat mendukung perubahan status USN, oleh karena itu, dewan akan mendorong proses penyelesaian penyerahan aset Pemda itu kepada pihak USN," kata politisi PAN itu. (T.L004/E005)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024