Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari menilai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan para relawan di Stadion Gelora 10 November Surabaya pada Minggu (21/8) memiliki makna cukup penting.

Pertemuan tersebut secara simbolis menunjukkan dukungan untuk Presiden Joko Widodo masih sangat besar, terutama untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, kata Wawan kepada ANTARA di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

"Menurut saya penting, bahwa ini adalah sinyal atau simbol yang menunjukkan ke partai politik maupun kepada kandidat figur calon presiden, bahwa Pak Jokowi itu perlu diperhitungkan pada Pemilu 2024," kata Wawan.

Dia menjelaskan hal yang perlu diperhitungkan itu adalah bahwa pada Pemilu 2024 nanti dukungan dari Jokowi akan menentukan arah pergerakan para relawan itu. Sehingga, tambahnya, siapa pun calon presiden (capres) yang didukung Jokowi memiliki potensi besar untuk terpilih.

Di 2024, menurut dia, Jokowi tidak hanya akan dilihat sebagai mantan presiden, tetapi juga sebagai sosok yang memiliki kekuatan besar untuk menentukan hasil pemilihan presiden atau king maker.

"Pada 2024, Pak Jokowi bukan hanya sebagai mantan presiden, tapi juga menjadi king maker. Dengan relawan itu, siapa pun yang didukung Pak Jokowi akan punya peluang untuk menjadi presiden pada 2024," katanya.

Dia menambahkan para relawan yang mendukung Jokowi tersebut merupakan hal penting pada Pemilu 2024, karena dukungan kepada capres dukungan Jokowi juga menentukan arah dukungan para relawan.

"Para relawan itu bukan hanya sekadar suara, tapi mereka bekerja," ujarnya.

Minggu, Jokowi menghadiri Konser Satu Komando Sapu Lidi di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, dan bertemu dengan ribuan relawan dari sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta para relawan tetap santai dan tidak terburu-buru untuk memikirkan capres 2024. Jokowi juga berpesan kepada para relawan agar tidak salah dalam memilih calon pemimpin.

Menurut Jokowi, Pilpres 2024 masih jauh sehingga tidak perlu ditentukan dalam waktu dekat. Dia kini fokus untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi nasional.


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024