Mamuju (ANTARA News) - Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat memprediksikan bahwa hanya belasan partai politik yang bakal lolos menjadi peserta Pemilu 2014.

"Proses verifikasi partai politik yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum sedang berlangsung.Saya yakin parpol yang telah terdaftar bakal banyak yang tidak lolos karena harus memenuhi syarat yang ada dalam Undang-Undang tentang pemilu legislatif," kata ketua DPP Partai Demokrat, Gde Pesek Suardiaka saat berada di Mamuju, Minggu.

Menurut dia, dalam UU pemilu telah tertuang ada sekitar 17 syarat mutlak yang harus dipenuhi parpol, khususnya persayaratan 100 persen kepengurusan parpol di seluruh Indonesia termasuk didalamnya syarat kantor parpol.

Kemudian kata dia, syarat 75 persen kepengurusan parpol pada kabupaten/kota dan 50 persen parpol di kecamatan untuk kabupaten/kota.

"Jadi, jika ini mau diisi maka hanya parpol yang seriuslah yang bakal lolos menjadi peserta parpol," kata dia.

Sedangkan parpol yang tumbuh bagaikan jamur dimusim hujan atau jelang pemilu kata dia, maka parpol tersebut diyakini peluangnya sangat kecil bisa berkompetisi di pemilu 2014.

Gde yang juga Ketua Pansus Rancangan Undang-Undang Pemilu ini menuturkan, awalnya jumlah parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham, telah mencapai 70 partai politik.

"Dari angka itu setelah dilakukan tahap pendaftaran di KPU, ternyata hanya 40-an yang ikut mendaftarkan diri. Setelah dilakukan tahap seleksi ternyata saat itu tersisa 33 parpol calon peserta pemilu," urainya.

Karena itu kata dia, dari angka 33 parpol yang baru sebatas melakukan kelengkapan administrasi itu bakal banyak yang gugur karena harus penuhi 17 syarat mutlak yang telah ditentukan dalam UU pemilu.

"Saya yakin pada saat KPU melakukan verifikasi secara vactual maka jumlahnya akan tersisa hanya belasan parpol peserta pemilu 2014," jelasnya.

Ia mengatakan, semangat UU Pemilu yang telah diberlakukan ini muaranya untuk melakukan penyederhanaan parpol serta upaya peningkatan kualitas dalam kompetisi demokrasi.

"Artinya, semakin sedikit parpol yang berkompetisi maka kesempatan Partai Demokrat dan partai lain pun akan semakin sempit. Partai-Partai yang baru muncul menjelang Pemilu akan sulit lolos menjadi peserta Pemilu 2014," tutur Gde. (Kr-ACO/N001)

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024