Makassar (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan bangga karena memboyong dua penghargaan pada Pameran Kriya Nusa yang digelar di Jakarta, 21 September 2022.

Ketua Dekranasda Sulsel Naomi Octarina di Makassar, Senin, menjelaskan Sulsel punya kekayaan budaya dan produk yang tak kalah dari provinsi dan negara lain.

"Pengakuan ini menjadi pemantik semangat bagi daerah lain di Sulsel itu terus mengembangkan produknya. Dekranasda hadir untuk mewadahi semua itu," katanya.

Penghargaan pertama diraih saat acara pembukaan, di mana produk Songkok Bone ditetapkan sebagai penerima World Crafts Council (WCC) Award of Excellence For Handicraft of Asia Pasific Region 2022.

Penghargaan kedua diberikan melalui produk Tas Anyaman Lontar, yang diproduksi UMKM Atap Konjo dari Kabupaten Bulukumba, Sulsel dan ditetapkan sebagai produk unggulan potensial 2022.

Ia menjelaskan daerah ini kaya akan potensi sumber daya alam. Para pelaku UMKM di daerah tersebut saat ini bersemangat berinovasi membuat produk fungsional.

Naoemi juga menegaskan komitmen Dekranasda untuk terus hadir menjadi wadah membuat produk lokal yang potensial lebih dikenal publik melalui berbagai ajang promosi, salah satunya melalui Pameran Kriya Nusa.

Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada UMKM untuk bisa tampil maksimal pada Pameran Kriya Nusa tersebut.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024