Makassar (ANTARA) - Panitia penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII menggelar kirab obor api Porprov sebelum dimulainya event olahraga terakbar di Sulawesi Selatan ini.

"Kecamatan Sinjai Utara adalah lokasi terakhir (kirab obor) sejak sepekan lalu diarak di delapan kecamatan dan hari ini diarak di dalam kota," kata penanggung jawab kirab obor Porprov Syahrul Paesa, Kamis.

Syahrul mengatakan tujuan kirabini salah satunya mensosialisasikan event olahraga akbar yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sinjai.

Kirab obor ini, kata dia, melibatkan atlet dan wasit. Kirab ini juga  bentuk kesiapan Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah Porprov yang akan dihelat pada 22-30 Oktober 2022 di Sinjai dan Bulukumba.

"Kirab api obor ini telah dilaksanakan sejak Kamis (29/9) lalu di Desa Terasa Kecamatan Sinjai Barat. Ini diarak dari Sinjai Barat, Sinjai Tengah, Sinjai Selatan, Sinjai Borong, Tellulimpoe, Sinjai Timur, Pulau 9, Bulupoddo, dan terakhir di Sinjai Utara," kata Syahrul.

Saat pelaksanaan kirab obor di Kecamatan Sinjai Utara, Siti Rahmatiah dinobatkan sebagai pembawa obor.

Ia adalah peraih medali emas Porda Sulawesi Selatan 2018 di Pinrang dari cabang olahraga atletik dan menjadi atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) asal Sinjai.

Kirab juga untuk memantik semangat masyarakat guna menyukseskan Porprov di Kabupaten Sinjai serta menambah motivasi atlet yang akan bertanding.

"Semoga api Terasa bisa menjadi pemantik semangat seluruh atlet yang akan berlomba sekaligus sukses menggelorakan jiwa para atlet meraih prestasi," tutur dia.

Sebanyak 34 cabang olahraga dipertandingkan di dua Kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov, yakni 21 cabang di Sinjai dan 13 cabang di  Bulukumba.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024