Bantaeng, Sulsel (ANTARA News) - Pesilat asal Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Johan, mengincar empat kejuaraan pencak silat internasional 2013.

Johan, di Bantaeng, Minggu, mengatakan, peluang memperkuat Indonesia di sejumlah kejuaraan dunia tersebut cukup terbuka. Peraih emas kejuaraan dunia Thailand itu berharap bisa menyingkirkan tiga pesaingnya di kelas 50-55 kg pada seleksi nasional (seleknas) di Jakarta.

Empat kejuaraan yang diharapkan dapat diikuti tersebut yakni kejuaraan Belgia Open, Australia Open, Islam Solidarity Games (ISG) di Riau, serta SEA Games XXVII Myanmar 2013.

"Dalam seleknas nanti, setiap nomor akan diikuti tiga hingga empat pesilat. Meski sulit namun saya bertekad bisa kembali terpilih memperkuat Indonesia di kejuaraan dunia. Mudah-mudahan saya bisa melewati proses seleknas sesuai harapan," katanya.

Peraih emas PON 2012 tersebut menjelaskan, sejumlah pesilat yang dipanggil mengikuti seleknas sudah bergabung di Jakarta. Dirinya juga akan segera berangkat ke Jakarta dan bergabung dengan pesilat lainnya (4/12).

"Saya memang meminta ijin untuk pulang dulu setelah tampil di Thailand. Saya juga pulang dan berharap dukungan seluruh masyarakat Sulsel agar bisa kembali memperkuat Indonesia," katanya.

Sekretaris Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sulsel Nukhrawi Nawir menyatakan, peluang Johan untuk terpilih cukup besar. Apalagi Johan memiliki modal sebagai peraih emas PON dan kejuaraan dunia di Thailand, 16-28 November 2012.

Pengprov IPSI Sulsel juga akan menyiapkan bonus untuk Johan setelah mampu meraih emas di Thailand. Pihaknya berencana memberikan bonus tersebut setelah pemncairan bonus dari Pengprov Sulsel untuk peraih medali PON 2012.

"Untuk besarannya masih akan kita diskusikan dengan Ketua IPSI Sulsel. Namun kita telah berkomitmen memberikan bonus karena prestasinya yang membanggakan," ujarnya. (T.KR-DF/F003) 

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024