Makassar (ANTARA) - Pegawai PT PLN di Unit induk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Barat (Sulselrabar) merayakan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-77 dengan memberikan donasi untuk biaya penyambungan listrik masyarakat yang kurang mampu atau prasejahtera.

Melalui Program Light Up The Dream, pegawai PLN bergotong royong untuk membantu penyambungan listrik secara gratis bagi 842 rumah keluarga prasejahtera yang dinyalakan secara serentak pada 27 Oktober 2022.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Jumat mengaku sangat bangga karena insan PLN memiliki inisiatif untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Terimakasih kepada insan PLN yang sudah bahu membahu untuk berdonasi mewujudkan mimpi masyarakat kurang mampu, karena pelaksanaan program ini dilakukan berkat empati karyawan PLN untuk berbagi kepada sesama," ujarnya.

Andy menyebutkan bahwa jajaran dewan direksi PLN sangat mengapresiasi Program Light Up The Dream dan berharap program ini dapat semakin berkembang karena sesuai dengan implementasi budaya BUMN yaitu AKHLAK.

Adapun jumlah penyambungan listrik gratis pada masing-masing area di wilayah Sulselrabar yakni Sulsel 597 rumah, Sulawesi Utara 168 rumah dan Sulawesi Barat 77 rumah.

"Ada perasaan kebahagiaan tersendiri melihat senyum seluruh masyarakat yang mimpinya kami wujudkan untuk mendapatkan listrik. Ini pekerjaan yang tidak mudah karena butuh pengorbanan untuk melaksanakannya," kata Moch Andy Adchaminoerdin.

Secara nasional, pegawai PLN bergotong royong untuk membantu penyambungan listrik secara gratis bagi 3.607 keluarga prasejahtera

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan peringatan HLN ke-77 tahun ini menjadi salah satu pendorong semangat PLN untuk menyediakan listrik bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui program penyalaan serentak Light Up The Dream, PLN ingin mewujudkan mimpi 3.607 keluarga yang belum memiliki sambungan listrik.

"Light Up The Dream, listrik untuk menyalakan mimpi masyarakat. Memberikan harapan baru bagi pelanggan yang membutuhkan dan solusi bagi masyarakat di tengah keterbatasan. Bahagianya berbagi sesama, sebagai wujud nyata pegawai BUMN yang ber-AKHLAK, dalam kontribusi membangun negeri," ujar Darmawan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Program Light Up The Dream adalah program bantuan penyambungan listrik tanpa biaya, hasil dari donasi yang dilakukan oleh para pegawai PLN. Tujuannya, untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan listrik secara mandiri.

"Dalam prosesnya, program ini melibatkan pegawai PLN untuk terjun langsung ke lapangan dan bertatap muka untuk mengetahui kondisinya. Sehingga pegawai lebih memahami kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024