Makassar (ANTARA) - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) membaur dengan ribuan masyarakat lainnya memeriahkan jalan santai yang digelar Perwakilan Kementerian Keuangan di Sulawesi Selatan pada peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 di Gedung Keuangan Negara, Makassar.
 
"Puncak peringatan HORI ke-76 di Makassar ini diawali dengan jalan santai untuk memberikan semangat pada kita semua," kata  Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan  Sulawesi Selatan Eka Sukadana di sela-sela pelepasan Jalan Santai di Gedung Kantor Perwakilan Keuangan Negara II Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan pada HORI ke-76 ini diharapkan seluruh jajaran Kemenkeu mampu menghadapi tantangan sesuai tema yang diusung yakni "Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan"`.

Setelah dua tahun terakhir pihaknya merayakan HORI secara virtual, kini menjadi suatu kesyukuran sudah dapat melaksanakan secara luring.

Selain jalan santai, peringatan HORI ke-76 di Makassar juga dirangkaikan dengan berbagai agenda diantaranya penampilan Flashmob DJBC, penampilan band dengan para Kakanwil, lelang produk UMKM.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan komitmen pembinaan UMKM bersama dan Nyani Rumah Kita.

Eka mengatakan pada momentum HORI ke-76 ini, pihaknya memberi ruang kepada pelaku UMKM untuk menampilkan dan menawarkan produknya. 

Hal tersebut sebagai salah satu upaya membangkitkan UMKM setelah kasus pandemi COVID-19 melandai dan sudah berada pada masa normal baru. 

Sementara itu, Hasbi salah seorang pelaku UMKM mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang membuka ruang bagi UMKM pada HUT ke-76 HORI. 

"Melalui kegiatan ini, produk kami dapat terjual lebih banyak, sekaligus memperkenalkan produk kami pada masyarakat, sehingga membuka peluang bisnis dan kemitraan dengan yang lain," katanya.
  Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Selatan  memperingati HORI ke-76  di kawasan Gedung Keuangan Negara II Makassar, Sabtu (29/10/2022). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024