Makassar (ANTARA) - Ajang Makassar Culinary Night (MCN) 2022 siap menggairahkan wisata kuliner dan budaya yang diikuti 77 tenant jelang peringatan HUT Kota Makassar ke-415 pada 9 November 2022 mendatang

. Ibu kota Makassar berada di kawasan Fort Rotterdam Makassar," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Mohammad Roem di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, festival kuliner yang berlangsung selama dua hari yakni 5 – 6 November 2022 ini mengusung tema “Kurangi Plastik” di Pesta Rakyat sebagai bentuk apresiasi MCN dalam rangkaian perayaan HUT ke-415 Makassar.

Sementara itu, Founder MCN Mistri Andi Muin mengatakan, kegiatan kali ini terkait dengan kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Kampanye ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan utama dalam penyelenggaraan festival kuliner.

“Makanya kami mengimbau kepada 77 tenant peserta yang telah diseleksi panitia dan kurator MCN untuk menggunakan wadah ramah lingkungan atau plastik ramah lingkungan yang bisa didaur ulang,” ujarnya.

Karena itu, tenant terpilih dari 400 UMKM yang lolos kurasi akan menyajikan aneka jajanan mulai dari makanan tradisional hingga kontemporer dengan menggunakan wadah yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Camat Gojek Makassar Adwin Pratama Anas mengatakan, setiap tahun pihaknya turut mendukung kesuksesan MCN dengan menghadirkan sistem transaksi non tunai bagi pengunjung melalui pembayaran GoPay.

"Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk mengkampanyekan 'less cash' atau mengurangi transaksi tunai, sejak awal pandemi COVID-19 hingga sekarang," ujarnya.

Dikatakannya, pengunjung dapat memanfaatkan “QRIS” atau barcode dari GoPay untuk pembayaran dan mendapatkan promo yang lebih hemat ketika ingin menikmati masakan favorit tanpa mengeluarkan uang tunai.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye MCN less plastic, Gojek mendirikan water station atau air mineral isi ulang bagi pengunjung MCN yang datang dengan membawa botol/gelas sendiri. Cukup bayar GoPay Rp1, pengunjung MCN bisa mengisi air mineral sesuai kebutuhan. Founder MCN Mistri Andi Muin (kedua kanan), Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mohammad Roem (tengah) dan District Consumer Engagement Gojek, Venny Johan (paling kanan) pada jumpa pers Makassar Culinary Night 2022 di Makassar, Kamis (11/3). /2022) ). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024