Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sedang merencanakan konsep ruang terbuka hijau atau ruang publik yang ramah bagi lansia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar Aryati Puspasari Abadi di Makassar, Rabu, mengatakan ruang publik untuk lansia akan selesai pada 2023.

“Saat ini kami sedang merancang konsep dan rencananya akan dibangun di beberapa lokasi atau titik di Makassar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, konsep ruang terbuka ramah lansia diharapkan bisa menjadi pilihan masyarakat. Apalagi lokasi penempatan ruang terbuka lebih mudah diakses.

Apalagi dari sisi DLH Makassar, kata dia, fokusnya pada konsep seperti taman. Jadi bukan kawasan terbuka hijau yang tentunya cakupannya lebih luas dan melibatkan banyak pihak termasuk dari dinas kesehatan atau dinas sosial.

“Insya Allah tahun ini sudah selesai desainnya sehingga tahun depan pengerjaan fisiknya bisa dimulai,” ujarnya.

Selain itu, DLH Kota Makassar juga rutin melakukan penanaman pohon di sejumlah ruas jalan di Makassar seperti Jalan Perintis Kemerdekaan hingga Jalan Dr Leimena sejak tahun 2020.

Harapan yang bisa didapat adalah dapat meningkatkan jangkauan RTH di Kota Makassar. dengan menghadirkan jalur hijau.

DLH juga memiliki program kemitraan dengan sekolah, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) yaitu Sekolah Adiwiyata. Termasuk program-program yang dilaksanakan oleh DLH Goes to Campus/Kantor/Sekolah.

 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024