Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah diikuti puluhan Majelis Taklim di Mamuju.

Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi Duka di Mamuju, Rabu mengatakan pelatihan penyelenggaran jenazah di Mamuju dilaksanakan dengan kerja sama Badan Komunikasi Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Mamuju.

Ia mengatakan, pelatihan penyelenggaran jenazah dilaksanakan melalui Biro Kesejahteraan Masyarkat Pemkab Mamuju dengan tujuan untuk meningkatkan dan memberdayakan kemampuan Majelis Taklim di Mamuju dalam penyelenggaran jenazah.

"Kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah di Mamuju untuk melakukan pemberdayaan komunitas keagamaan yang di dominasi kaum perempuan agar dapat melaksanakan kegiatan keagamaan khususnya penyelenggaran jenazah," katanya.

"Pemerintah di Mamuju, pada tahun sebelumnya juga melaksanakan program dengan memberikan ribuan seragam bagi Majelis Taklim di Mamuju," katanya.

Kemudian menurut dia, pada tahun ini dilaksanakan pelatihan penyelenggaran jenazah yang di dalamnya terdapat kegiatan pelatihan memandikan, mengafankan, menshalatkan, dan memakamkan jenazah, agar Majelis Taklim dapat terus berperan dan bermanfaat bagi masyarakat di bidang keagamaan.

Ia berharap melalui pelatihan penyelenggaraan jenazah, masyarakat di Mamuju, tidak perlu lagi kebingungan dan kesulitan mencari orang yang dapat mengurus jenazah karena Majelis Taklim di Mamuju telah siap melaksanakan dengan berbekal pelatihan yang didapatkan.

"Ketika ada masyarakat yang membutuhkan dalam penyelenggaran jenazah atau mengurus jenazah maka Majelis Taklim di Mamuju harus siap membantu karena itu akan bermanfaat dan bernilai ibadah," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024