Jakarta (ANTARA) - Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik layanan data ( payload ) selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebesar 17,6 persen dibandingkan hari rata-rata, dengan total payload mencapai 52,5 petabyte .

“Diproyeksikan trafik data kita akan meningkat 17,6 persen jika dibandingkan dengan hari biasa dan jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru tahun lalu, peningkatannya cukup baik yaitu 19,1 persen,” ujar Vice President Network Assistant, Security, and Operations Telkomsel Galumbang Pasaribu Pusat saat konferensi pers di Jakarta, Senin.

Menurut Galumbang, proyeksi pertumbuhan layanan data diharapkan didorong oleh lonjakan penggunaan akses layanan berbasis digital seperti media sosial hingga e-commerce.

Penggunaan media sosial diprediksi tumbuh sekitar 31,7 persen. Kemudian layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference diprediksi melonjak 27,8 persen.

Sementara itu, layanan video streaming diprediksi meningkat sekitar 29,4 persen, layanan mobile gaming meningkat menjadi 18,6 persen, dan akses browsing meningkat 24,1 persen. Sedangkan e-commerce diprediksi tumbuh sekitar 35 persen.

Telkomsel juga memperkirakan trafik layanan SMS naik 7,9%, sedangkan layanan voice call turun 3%.

“Setiap momen, termasuk Natal dan Tahun Baru, SMS itu tetap sukses,” tambah Galumbang.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi, Galumbang mengatakan Telkomsel telah mengoptimalkan kapasitas dan kualitas jaringan di 493 titik regional prioritas di seluruh Indonesia yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik signifikan.

Kawasan prioritas tersebut meliputi 363 kawasan khusus seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan, 59 titik keberangkatan angkutan umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 kawasan pemukiman, dua tempat ibadah yakni Gereja Santo Yoseph Merauke dan HKBP Sudirman Medan, dan salah satu rumah sakit pusat penanganan COVID-19 adalah RS Agus Djam Ketapang, Pontianak.

“Kenapa hanya ada dua rumah ibadah dan satu rumah sakit? Ini sudah sesuai dengan kesepakatan. Artinya lokasi yang diproyeksikan akan mengalami peningkatan yang signifikan, jauh dibanding yang lain,” kata Galumbang.

“Kedua, dari sisi jaringan , mungkin di tempat lain dengan proyeksi peningkatan yang akan terjadi itu sudah tercakup ,” lanjutnya.

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho menambahkan, Telkomsel juga melakukan integrasi hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiapkan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway menjadi 9.212 Gbps.

“Selain itu, Telkomsel mengoptimalkan jangkauan jaringan di lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE di seluruh Indonesia dan menerapkan pemantauan jarak jauh atau virtual selama 24 jam , ” katanya .

Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: Telkomsel memproyeksikan lonjakan trafik layanan data selama Nataru

Pewarta : Suci Nurhaliza
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024