Makassar (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan memetakan sejumlah ruas jalan rawan kemacetan saat memasuki masa libur akhir tahun atau perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Sulsel Edisa Ade di Makassar, Senin, mengatakan untuk ruas jalan rawan kecelakaan untuk status ruas jalan provinsi terdapat enam titik, jalan nasional (37 titik) dan jalan kabupaten dan kota sebanyak delapan titik.

Adapun sejumlah ruas jalan yang harus menjadi perhatian dari pengendara itu antara lain di Jalan Ir Sutami, DR Leimena, Perintis Kemerdekaan dan Tamanggapa Makassar, Poros Malino Pakatto, Poros Bontosunggu, Poros Palangga Kabupaten Gowa, Poros Bulukumba-Sinjai, Poros Bira Bulukumba, Poros Palopo-Makassar, Poros Pangkep-Anabanua, Poros Parepare-Sidrap, Poros Pinrang-Parepare.

"Selanjutnya Poros Jeneponto-Bantaeng, Poros Kota Benteng, Poros Bunga Ejaya, Poros Makale-Enrekang, Poros Sengkang Atapange hingga Poros Rantepao-Makale," ujar Edisa Ade.

Dishub, ujar dia, sekaligus mengimbau agar masyarakat yang melintasi titik-titik rawan tersebut untuk lebih dulu mengecek kembali kondisi kendaraannya sebelum bepergian seperti diantaranya memeriksa bagian mesin, rem, dan oli.

Sementara itu, Pemkab dan Polres Sinjai, Sulawesi Selatan, juga mengikuti rapat koordinasi lintas sektor dengan Kapolri melalui sambungan video conference pada hari ini.

Wakapolres Sinjai Kompol Joko Sutrisno mengungkapkan, jajarannya telah siap melakukan pengamanan demi menjaga rasa keamanan bagi masyarakat yang menjalani hari raya natal dan tahun baru 2023 mendatang.

“Sesuai arahan bapak Kapolri, tadi sudah dibahas mengenai upaya pengamanan yang akan dilakukan oleh Polri. Kita di wilayah Polres Sinjai akan menyesuaikan dengan karakteristik daerah agar situasi keamanan tetap terjaga,” ujar Joko Sutrisno.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Sinjai Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Andi Hariyani Rasyid mengutarakan harapannya agar semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024