Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Sulawesi Selatan, Amson Padolo mengatakan "Lovely December" merupakan awal kebangkitan kembali sektor pariwisata di Tana Toraja pasca pandemi COVID-19.

"Ini adalah awal kebangkitan kembali sektor pariwisata di Toraja dan Sulsel pada umumnya," kata Amson menanggapi pelaksanaan "Lovely December" di Kabupaten Tana Toraja, Selasa.

Dia mengatakan, perayaan Natal yang dirangkai dengan festival budaya yang biasanya digelar setiap jelang akhir tahun, pada masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir tidak ada kegiatan.

Baru kali ini, lanjut dia, digelar kembali untuk membangkitkan sektor pariwisata sekaligus pendukungnya yakni UMKM.

Hal itu dibenarkan, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri acara puncak Lovely December 2022 yang diisi dengan ibadah Natal Pemda Tana Toraja, juga parade budaya.

Dia mengatakan, sektor pariwisata yang memiliki dampak positif yang turut menumbuhkan sektor lainnya, baik UMKM, seni budaya dan transportasi.

Sebagai bentuk apresiasi pada Pemkab Tana Toraja, Andi Sudirman menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp27 miliar untuk Tana Toraja yang diterima Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

"Bantuan keuangan tersebut untuk menuntaskan pembangunan jalan wisata ke objek wisata Ollon dan subsidi penerbangan langsung Toraja-Balikpapan," ujarnya.
  Ilustrasi parade budaya pada kegiatan Lovely December di Tana Toraja, Sulsel. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024