Gowa (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan mencatat sepanjang 2022 terdapat 494.511 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnu) di 27 destinasi wisata di kabupaten itu. 

"Capaian jumlah kunjungan 2022 tersebut naik lebih dua kali lipat dari capaian 2021 yang hanya 228.868 kunjungan wisman dan wisnu," kata Kabid Destinasi dan Kepariwisataan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Yuniati yusuf di Gowa, Kamis. 

Dia mengatakan jumlah kunjungan 2022 tersebut terpantau dari 27 destinasi wisata yang tercatat secara resmi di Disparbud Gowa.

Dari jumlah destinasi wisata itu, lanjut dia, terdapat tiga objek wisata sejarah yakni Museum Balla Lompoa, Makam Syekh Yusuf dan Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin.

Sementara dari objek wisata alam dan buatan terdapat di tiga lokasi yakni Hutan Pinus Malino, air terjun Takapala dan Bantimurung Gallang. 

Sedang sisanya yakni 10 destinasi wisata masuk kategori objek wisata buatan diantaranya Wisata kebun Bonto Marannu, Lesehan Bili-bili, Sileo Jenetallasa, Kampung Kopi Bawakaraeng, 
Langit Topidi Resort, Pesangrahan Malino dan yan lainnya. 

Sementara dari realisasi konstribusi Pendapat Asli Daerah (PAD) ke Pemkab Gowa, diakui baru tercapai 66,11 persen atau Rp254.542.000 dari target PAD 2022 sebanyak Rp385 juta.

"Ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kondisi pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu, namun kini sektor Pariwisata dan kebudayaan perlahan-lahan bangkit kembali," kata Yuniati. 
  Hutan wisata Malino salah satu dari 27 destinasi wisata di Kabupaten Gowa, Sulsel. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024