Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PUTR menangani keadaan darurat di ruas Jalan Aroepala atau biasa disebut Jalan Hertasning Kota Makassar.

Dalam keterangannya di Makassar, Rabu, Kabid Bina Marga Dinas PUTR Sulsel Irawan Dermayasamin Ibrahim mengatakan penanganan darurat ini dilakukan mengingat kondisi jalan yang rusak dan membahayakan pengendara.

“Atas arahan Pak Gubernur (Andi Sudirman Sulaiman) sedang dilakukan penanganan sementara menggunakan paving FC-30 oleh Tim UPT Wilayah IV,” ujarnya.

Pemprov Sulsel, kata dia, akan berdiskusi lebih lanjut untuk mencari solusi jalan tersebut.

Sejumlah jalan rusak menjadi perhatian Pemprov Sulsel. Tak terkecuali di ruas Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa.

Ruas Jalan Tun Abdul Razak ini searah dengan Jalan Aroepala. Dimana tahun 2022 lalu, ruas jalan Tun Abdul Razak telah dilakukan preservasi jalan dan penanganan drainase.

Sebelumnya, Dinas PUTR Sulsel juga telah menyelesaikan pengerjaan jalan Rantepao - Sa'dan (Utara Toraja) - Batusitanduk Kabupaten Luwu sepanjang 5,4 km dan akan selesai pada tahun 2022.

Ruas jalan yang menghubungkan kedua kabupaten tersebut adalah sedang dikerjakan secara bertahap. Dimana tahun 2020 lalu, ditangani sepanjang 3 km. Sedangkan tahun 2021 sudah ditangani sepanjang 11,40 km.

“Diharapkan ini menjadi akses Luwu Raya ke Toraja sekaligus jalan pintas akses barang dan jasa untuk mendukung percepatan ekonomi dan pariwisata Toraja dan Luwu Raya,” ujar Gubernur Sulsel Andi Sudirman*.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024