Makassar (ANTARA) - Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sulawesi Selatan menggelar seleksi atlet untuk menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lapangan Petanque Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM, Makassar, 21-22 Januari 2023.

Wakil Ketua FOPI Sulsel Nukhrawi Nawir di Makassar, Sabtu, mengatakan seleksi terbuka ini diikuti sebanyak 88 atlet dari 24 kabupaten/kota.

"Seleksi yang kita gelar ini untuk mencari tim bayangan untuk mengikuti babak kualifikasi PON tahun ini," katanya.

Pengprov FOPI Sulsel, kata dia, juga akan menggelar seleksi tahap kedua untuk menentukan nama-nama atlet yang mewakili Sulsel Pra-PON.

"Nama-nama yang dinyatakan lolos pada seleksi kedua nanti, akan kita siapkan untuk mewakili tim Sulsel di kejuaraan nasional yang akan datang sebagai ujicoba sebelum Pra PON," katanya menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Umum FOPI Sulsel mengatakan atlet yang mendapat panggilan seleksi ini adalah yang telah menunjukkan kemampuan saat berlaga di sejumlah kejuaraan sebelumnya.

Para atlet yang mengikuti seleksi juga dipilih berdasarkan catatan dan hasil monitoring oleh Binpres FOPI Sulsel.

FOPI Sulsel sejauh ini memiliki banyak atlet potensial dan bahkan empat diantaranya lolos seleksi nasional (seleknas) untuk SEA Games 2022 Vietnam lalu, meski akhirnya gagal berangkat karena cabang olahraga tersebut tidak mendapatkan rekomendasi.

Adapun atlet Sulsel itu masing-masing Ahmad Zakaria, Udar, Anugrah Wahyudiono dan Asrilyanto.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024