Makassar (Antara News) - Kalla Toyota menargetkan pangsa pasar mobil Toyota di wilayah pemasarannya mencapai 50 persen pada 2013 atau naik dibanding realisasi 2012 yang mencapai 48,3 persen.

Direktur Operasional Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin di Makassar, Kamis, mengatakan dari pangsa pasar 48,3 persen itu, wilayah Sulawesi Selatan memberi kontribusi terbesar yaitu 63 persen.

Kalla Toyota merupakan agen penjual utama mobil Toyota wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Pada Januari 2013, total penjualan Kalla Toyota mencapai 1.606 unit atau menguasai pangsa pasar 39,8 persen. Kemudian pada Februari sebesar 44,9 persen dengan jumlah kendaraan terjual sebanyak 2.022 unit.

Toyota Avanza masih mendominasi total penjualan dengan kontribusi sebesar 51,7 persen disusul Toyota Rush.

Hariyadi memperkirakan pasar mobil "compact low" sekelas Etios yang akan diluncurkan Toyota dalam waktu dekat juga akan mengalami pertumbuhan pesat.

Kalla Toyora yang meraih 45 penghargaan `The Best Main Dealer` 2012 pada `Dealer Convention Toyota Astra Motor (TAM) di Nusa Dua Bali ini juga menggelar sejumlah program pelayanan bagi konsumennya.

Sementara itu Kepala Service Department Kalla Toyota, Muhammad Shobirin mengatakan, pihaknya menggelar program penggantian oli mesin secara gratis bagi pemilik mobil mulai keluaran 2009 dan telah memiliki jarak tempuh 60 ribu km ke atas.

Menurut dia, program tersebut tidak berlaku untuk Toyota Limo dan Toyoya Dyna.

Editor : A Salim

Pewarta : Riesmawan Yudhatama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024