Makassar (Antara News) - Pemain andalan Sulawesi Selatan Usamah yang merupakan satu-satunya wakil Sulsel yang masih bergabung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Jakarta berpeluang menembus timnas SEA Games Myanmar 2013.

Pelatih Futsal Sulsel Lidemar Halide, di Makassar, Minggu, mengatakan, mantan pemain PON Sulsel tersebut masih bertahan bersama 20 pemain lainnya. Untuk dua atlet lainnya yang juga dipanggil seleknas yakni Muhammad Idris dan Eden Kaisar harus tersingkir karena gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Satlak Prima dan Badan Futsal Nasional (BFN), kata dia, memang berencana kembali melakukan eliminasi tahap akhir. Pada eliminasi terakhir tersebut, 21 pemain yang tersisa akan kembali diciutkan menjadi 17 pemain saja. Pemain inilah yang diproyeksikan menghadapi SEA Games Myanmar 2013.

"Saya sempat bertemu dengan pelatih tim SEA Games di Jakarta dan menyatakan Usamah dan pemain lainnya tetap dipertahankan. Terkait keinginan kembali melakukan eliminasi memang tetap ada namun hanya akan mengeliminasi satu pemain sesuai kuota 20 pemain," jelasnya.

Dari pertemuan itu pula, lanjut dia, BTN telah memutuskan hanya mengakomodir sebanyak 15 pemain. Namun manajer tim futsal Indonesia tetap mendaftarkan 20 pemain, dimana lima pemain lainnya akan menjadi tanggungan manajer tim.

"Saya dengar karena adanya kekhawatiran jika pemain mengalami cedera sehingga tetap akan mendaftarkan sebanyak 20 pemain," katanya.

Soal peluang Usamah menemebus SEA Games 2013, menurut dia, terbuka lebar. Apalagi Usamah sejak pemanggilan masuk seleknas hingga kini bisa menjaga penampilannnya. Usamah juga mampu memperlihatkan perkembangan yang baik selama bergabung di pelatnas.

Pihaknya juga berharap tim seleksi dapat menjalankan tugasnya dengan baik termasuk memberikan penilaian secara objektif dan bertanggung jawab. Intinya pemain yang terpilih mewakili Indonesia di SEA Games 2013 merupakan pemain yang memiliki kualitas terbaik.

"Usamah memiliki kemampuan sehingga layak mendapat satu tempat di tim inti SEA Games. Namun kita tetap percaya dengan kapasitasn tim seleksi untuk memilih pemain yang terbaik demi menjaga peluang prestasi pada SEA Games nanti," katanya.

Demisioner Sekretaris Umum KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan kegagalan tim futsal Sulsel pada PON 2012 diharapakan bisa terbayarkan dengan keberhasilan atlet memperkuat Indonesia. Pihaknya juga berharap SEA Games 2013 dapat menyumbangkan lebih banyak atlet bagi timnas Indonesia.

"Kita sebelumnya berharap futsal Sulsel bisa mencetak sejarah sebagai peraih emas pertama di PON namun ternyata gagal. Mudah-mudahan atlet kita bisa membuktikan kualitasnya dengan lolos hingga berprestasi di SEA Games 2013," ujarnya.

Editor : Agus Setiawan


Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024