Makassar (ANTARA) - Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) meluncurkan aplikasi Balu'na Pangkep yang merupakan kolaborasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pangkep dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

"Nawaitunya saya, galeri Dekranasda dan Balu'na Pangkep ini berdampak banyak kepada orang banyak. UMKM maju dan melahirkan lahan pekerjaan baru," kata Bupati MYL saat meresmikan Galeri Dekranasda Pangkep dan peluncuran aplikasi Balu'na di Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (31/1).

Menurut dia, selain galeri Dekranasda dan aplikasi Balu'na Pangkep, Pemkab Pangkep akan terus membina pelaku UMKM dengan pemberian bantuan peralatan serta pelatihan.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Pangkep Nurlita Wulan Purnama menyampaikan galeri ini khusus bagi pelaku UMKM Pangkep sebagai wadah promosi dan berjualan.

"Kita terima semua produk, meskipun ada standar tertentu khususnya untuk produk olahan makanan," katanya.

Selain berfungsi sebagai tempat promosi dan jualan, galeri ini juga akan berfungsi sebagai workshop untuk memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM dan industri kecil menengah (IKM).

"Bukan hanya bagi IKM dan UMKM yang sudah jadi. Tapi kami membuka kesempatan bagi masyarakat yang belum ada usaha dan mau belajar membuka usaha baru kami akan fasilitasi di sini," tambahnya.

Selain itu, Galeri Dekranasda Pangkep menyediakan produk kerajinan dan olahan makanan.

Sedangkan Dirut Perumda Mappatuwo Arfan Tualle mengatakan aplikasi Balu'na merupakan kolaborasi Perumda Mappatuwo, Dekranasda dan UMKM untuk pemasaran dan belanja online produk UMKM Pangkep.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024