Makassar (Antara News) - Pesilat asal Sulawesi Selatan Hamuddin bersama 10 atlet pelatnas lainnya akan menjalani pertandingan uji coba menghadapi pesilat dari tiga negara ASEAN di Myanmar, 22 Maret 2013

Pelatih Kepala Pencak Silat Indonesia Razlim Azis, saat dihubungi dari Makassar- Jakarta, Kamis, mengatakan sengaja memasukkan nama Hamuddin sebagai upaya memberikan pengalaman internasional bagi pesilat yang berlaga di kelas C (55-60kg) tersebut.

Selain Indonesia dan tuan rumah Myanmar, pertandingan persahabatan ini rencananya juga diikuti tim pencak silat Malaysia dan Singapura.

"Atlet yang kita ikutkan ke Myanmar pada umumnya belum memiliki pengalaman tampil di kejuaraan dunia. Harapan kita dengan pertandingan persahabatan ini bisa membuat mental bertanding atlet semakin maksimal," jelasnya.

Selain memberikan pengalaman, tujuan Tim Pencak Silat Indonesia ke Myanmar juga sebagai ajang pengenalan gelanggang. Ajang uji coba tersebut juga dijadikan tim peserta sebagai bahan evaluasi sebelum berlaga di SEA Games Myanmar 2013.

Pihaknya juga membantah jika atlet yang tampil pada ujicoba ini merupakan atlet yang diprioritaskan. Sebab proses seleksi untuk menentukan tim inti di SEA Games 2013 masih akan melalui proses panjang.

"Dua atlet Sulsel yang lain yakni Awaluddin dan Johan tidak kita bawa karena sudah pernah tampil dikejuaraan dunia dengan hasil maksimal. Intinya pemilihan atlet karena alasan kebutuhan," katanya.

Pelatih Silat Sulsel Muhammad Arham, menyambut gembira keputusan tim pelatih untuk memberikan pengalaman dan jam terbang atlet.Dirinya juga setuju dengan program itu karena membuat persaingan memperebtkan satu tempat di SEA Games 2013 semakin ketat.

Terkait peluang Hamuddin terpilih, kata dia, masih terbuka lebar. Apalagi dengan keberangkatannya ke Myanmar akan membuat mental bertandingnya semakin teruji.

"Kita berharap tim seleksi menunjukkan sikap profesionalnya dalam menentukan siapa yang mewakili Indonesia di kejuaraan nanti. Merupakan kebanggaan tersendiri jika kita akhirnya bisa menyumbangkan tiga pesilat di SEA Games," ujarnya.

Editor : Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024