Makassar (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan bagi warga Kelurahan Putabangung bernama Nur Ihsan Wiranata yang mengidap penyakit mikrosefalus (pengecilan kepala) dari kategori keluarga kurang mampu.

Nur Ihsan Wiranata yang masih berusia empat tahun itu, bukan hanya pengidap mikrosepalus, namun juga diketahui salah satu penyandang disabilitas. Ia berdomisili di Kampung Bo'dia, lingkungan Tabang Baru.

Kepala Dinas Sosial Selayar Satmawati melalui keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan dirinya langsung menginstruksikan jajarannya untuk melakukan assesmant (pemeriksaan) begitu mendengar informasi tentang latar belakang kehidupan Nur Ihsan Wiranata dan keluarganya

"Setelah informasi dianggap cukup, Dinas Sosial melalui bidang perlindungan dan jaminan sosial (Linjamsos) langsung bergerak melakukan giat penyaluran bantuan yang diantar langsung ke rumah kediaman keluarga Nur Ihsan Wiranata di Kampung Bo'dia," kata dia.

Giat penyaluran bantuan dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial didampingi jajaran personil Tagana. Bantuan diserahkan kepada Sitti Nadhirah (ibu kandung Nur Ihsan Wiranata) disaksikan pejabat setempat.

Satmawati menjelaskan, himpitan ekonomi merupakan salah satu bentuk suratan takdir kehidupan yang harus dihadapi dengan sabar dan tawakal oleh manusia.

"Insha Allah, akan selalu ada hikmah di balik setiap ujian dan peristiwa," katanya menyemangati orang tua Nur Ihsan.

Bantuan yang diberikan merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemerintah Kabupaten Selayar kepada Nur Ihsan dan keluarga.

Satmawati menyebut ini bukan bantuan terakhir yang akan diberikan Dinas Sosial, namun ke depan, Nur Ihsan juga akan diupayakan untuk disentuh melalui pos bantuan penyandang disabilitas sebagai salah satu rangkaian program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Selayar.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi keluarga Nur Ihsan, berkah dan bernilai ibadah," ujar Satmawati.

Kegiatan penyaluran bantuan bencana sosial disambut positif Lurah Putabangung Achmad Rizal yang mengapresiasi kepedulian jajaran Dinas Sosial kepada warganya.

Ia berharap agar giat penyaluran paket bantuan serupa dapat lebih diefektifkan sebagai bentuk perhatian nyata pemerintah terhadap warga kurang mampu, khususnya untuk mengurangi kantong-kantong kemiskinan.

Pemerintah Kabupaten Selayar juga diharapkan lebih intens dan memperhatikan masyarakat kurang mampu.

Ucapan terimakasih turut disampaikan Sitti Nadhirah, ibu Nur Ihsan kepada jajaran Dinas Sosial yang telah memberikan bantuan untuk keluarganya. "Semoga ada keajaiban bagi kesembuhan putera kami yang sudah tiga kali menjalani operasi dan menurut tim medis sudah sulit untuk disembuhkan total," urainya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024