Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memperkuat agen kehumasan pada tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Sulbar memaksimalkan penyebarluasan informasi.

"Pemerintah Sulbar menggelar pelatihan jurnalistik dan fotografi agen kehumasan OPD lingkup Pemprov dan Pemerintah Kabupaten se Provinsi Sulbar," kata Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan yang digelar melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Provinsi Sulbar tersebut, untuk memperkuat agen kehumasan dalam menyebarluaskan informasi pembangunan kepada masyarakat Sulbar.

Ia mengatakan, Pemerintahan Sulbar akan terus berupaya meningkatkan profesionalisme dalam kehumasan dengan memperkuat humas pada seluruh OPD pemerintah Sulbar.

Menurut dia, agen kehumasan tersebut juga diharapkan dapat semakin memperbaiki kinerja OPD melaksanakan pembangunan, terutama yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi ke publik.

"Lakukan update berita dengan baik dan informasi yang disampaikan harus paling baru, dan dikelola dengan baik, sehingga setiap informasi dapat menjadi representasi hasil capaian kinerja OPD pemerintah Sulbar," katanya.

Ia mengatakan, agen kehumasan juga harus memiliki profesional yang tinggi, dan informasi yang disampaikan harus disertai pengetahuan yang penting bagi pembangunan.

"Agen humas dan fotografer hasil dihasilkan dengan baik yakni menguasai cara membuat berita dan informasi yang terpercaya sesuai dengan fakta," katanya.

Ia berharap kegiatan pelatihan tersebut dapat bermanfaat sehingga informasi pembanguan dapat sampai kepada masyarakat dan merasakan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Diskominfopers Provinsi Sulbar, Mustari Mula, juga menyampaikan, agen kehumasan OPD Pemerintah Sulbar dituntut untuk memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan memiliki kemampuan membuat berita dan informasi disertai data yang akurat.

"Diskominfopers Sulbar akan terus berupaya meningkatkan profesionalisme dan meningkatkan kemampuan dan keahlian agen kehumasan dengan berbagai cara, agar informasi pemerintah semakin dipercaya oleh masyarakat," ujarnya
  Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Provinsi Sulbar menggelar pelatihan jurnalistik dan fotografi agen kehumasan OPD lingkup Pemprov dan Pemerintah Kabupaten se Provinsi Sulbar, Senin (13/2/2023) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi
 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024