Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadwalkan jalan santai Anti Mager (anti malas gerak) dalam rangka memeriahkan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, pada 24 Februari 2023.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ardiles Sagaf di Makassar, Selasa, menuturkan kegiatan itu bertujuan memperkenalkan budaya K3 sekaligus mendukung program Anti Mager yang dicanangkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

“Diharapkan masyarakat mengikuti jalan santai ini agar memperkaya pengetahuan terkait K3 sebelum memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Selain itu, terdapat rangkaian kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan seperti cerdas cermat K3, donor darah, pemeriksaan kesehatan, pertandingan bulutangkis, penghargaan K3, dan upacara.

Pendaftaran jalan santai ini dibuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Untuk mengikuti kegiatan ini, masyarakat Makassar dan sekitarnya dapat melakukan pendaftaran melalui tautan antimager.sulselprov.go.id/reg/k3. Panitia menyiapkan hadiah menarik berupa umroh, motor, sepeda, TV, dan tabungan emas bagi 12 orang beruntung.

Sementara itu, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengatakan K3 harus dibudayakan dan menjadi prioritas perusahaan di daerah itu guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.

Menurut dia, perlu terus didorong agar seluruh perusahaan lingkup Sulsel dapat konsisten menerapkan K3 guna meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja.

Ia juga berpesan kepada para pekerja untuk mengedepankan K3 dan selalu ingat keluarga saat bekerja.

Disebutnya, pula untuk menciptakan keamanan dalam bekerja, faktor yang sangat menentukan adalah latihan dan pengalaman. Gubernur Sudirman pada kesempatan itu juga mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

“K3 ini menjadi tanggung jawab semua, karena dengan K3 yang baik, maka akan menjadi nilai (positif) bagi perusahaan," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024