Makassar (ANTARA Sulsel) - Penyelenggara mempertanyakan perubahan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA dan sederajat di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Abdullah Djabbar di Makassar, Minggu, mengatakan, ia diminta oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk menanyakan kepastian pergeseran jadwal pelaksanaan UN.

Ia pun kini tengah berada di lokasi percetakan naskah soal UN di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, untuk memastikan pengiriman naskah soal untuk SMA dan MA pada hari ini.

Pihaknya juga masih ingin menegaskan kembali terkait kepastian mengenai perubahan jadwal pelaksanaan UN tingkat SMA dan sederajat kepada Kementerian Pendidikan. "Pelaksanaan ujian tergantung naskah," ujarnya melalui telepon genggam.

Koordinator Pengawas UN dari Universitas Hasanuddin (UH) Prof. Dadang A.S, mengatakan, jadwal pelaksanaan UN di Sulsel akan berjalan sesuai rencana jika seluruh soal dapat terkirim hari ini.

Pendapat sama juga dikatakan oleh Ketua Dewan Pendidikan Sulsel Prof. Halide. Menurutnya, jika naskah soal UN selambat-lambatnya dapat diterima hari ini, penyelenggaraan ujian dapat dilakukan sesuai rencana. "Apa yang mau diujikan kalau tidak ada soal," ujarnya.

Perubahan jadwal ini, diperkirakan terjadi untuk pelaksanaan ujian di 11 provinsi di wilayah waktu Indonesia di bagian tengah.

Hal lain yang harus dipikirkan adalah mengatur ketersediaan ruangan pada hari kedua pelaksanaan UN SMA yang bersamaan dengan pelaksanaan UN tingkat SMP pada Senin, 22 April 2013. Kondisi ini juga dikhawatirkan akan mengganggu distribusi naskah soal UN SMP yang rencananya dilakukan mulai Selasa, 16 April 2013.

Ia mengharapkan, persoalan ini tidak terjadi lagi pada penyelenggaraan UN tahun berikutnya dan pemerintah pusat memberikan perhatian.

Berdasarkan surat pemberitahuan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), perubahan jadwal dilakukan karena kendala teknis percetakan naskah soal ujian.

Jadwal pelaksanaan UN MA dan sederajat, hari pertama pada Senin, 15 April 2013 dan kedua pada Selasa, 16 April 2013 diubah menjadi Jumat 19, April 2013 dan Senin, 22 April 2013.

Editor : Agus Setiawan

Pewarta : Riesmawan Yudhatama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024