Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan bantuan keuangan Rp12 miliar untuk Tahun Anggaran 2023 kepada Kabupaten Enrekang bertepatan dengan peringatan HUT ke-63 daerah itu, Sabtu (25/2).

Bantuan tersebut untuk lanjutan pembangunan objek wisata Emas Andalan 360°, pembangunan jalan prioritas kabupaten, dan subsidi Trans Andalan Sulsel.

"Kita mendorong pengembangan wisata di Enrekang termasuk hadirnya kawasan wisata Emas Andalan 360° yang telah kita resmikan, di sana kita bisa melihat pemandangan gunung," kata dia.

Pembangunan kawasan wisata tersebut bersumber dari Bantuan Keuangan sekitar Rp8 miliar pada 2022.

Andi Sudirman yang sebelumnya meninjau kawasan wisata Emas Andalan 360° berjalan menyusuri sejumlah fasilitas pendukung kawasan wisata ini.

Pengembangan kawasan ini, di antaranya jalan di kawasan wisata, cottage, menara pandang, warung kopi, musalla, landmark, dan ampiteater.

Selain itu, Gubernur Sulsel juga mencapai 90 persen progres jembatan dan jalan ruas Paleteang-Malaga-Kabere yang sering menjadi keluhan masyarakat. Pembangunan jalan ini dapat memangkas jarak 25-30 km jika ingin ke arah Toraja dibandingkan dengan melewati jalan nasional.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman mengemukakan bahwa Pemprov Sulsel mendorong Kabupaten Enrekang menjadi sentra produksi sayuran terbesar di kawasan timur Indonesia.

"Termasuk mendorong sayuran yang diproduksi petani bisa menjadi perhatian pemkab dalam sektor hilirisasi. Hal ini dapat menambah nilai produksi sehingga petani bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi," kata dia.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024