Makassar (ANTARA) - Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Sulawesi Selatan menjaring delapan atlet yang akan dibina untuk persiapan Pra-PON pada Juli mendatang.

Delapan orang tersebut merupakan delapan besar pada turnamen Ketua Pelti Sulsel yang telah digelar pada 3-5 Maret di Makassar. Turnamen ini terbuka untuk umum dengan umur 14-30 tahun, khusus kelas single.

"Ini menjaring bahwa kita akan bentuk 1 tim pra PON sebab target utama kita ialah bisa lolos pra PON di Jakarta Juli mendatang, minimal juara grup untuk bisa ikut PON," Ketua Panitia Turnamen Ketua Pelti Sulsel Ir Muchtar Idrus di Makassar, Minggu.

Delapan besar dari hasil turnamen ini akan dibina oleh pelatih yang disiapkan Pelti Sulsel. Mereka juga akan dipertandingkan kembali dengan beberapa atlet tenis lainnya untuk mencari terbaik dari yang terbaik.

Muchtar mengungkapkan bahwa Pelti sangat serius menyiapkan para atlet untuk mengikuti pra PON sebab atlet Sulsel tidak pernah lolos mengikuti PON sejak 15 tahun terakhir.

"Makanya kita harus masuk PON dan target kita minimal bisa juara grup di pra-PON. Dari hasil turnamen ini akan kita laporkan potensi-potensi yang ada, termasuk beberapa orang potensial tapi tidak bisa mengikuti pertandingan," urai Muchtar.

Juara 1 kategori putra pada turnamen Ketua Pelti Sulsel 2023 yakni Ibnu Nurmadi Setiawan (25) yang telah bermain tenis sejak 7 tahun.

Ibnu mengapresiasi turnamen yang digelar Pelti Sulsel sebagai ajang mengasah bakat dan mencari bibit unggul. Menurutnya, turnamen memang perlu diperbanyak untuk menguji ketahanan fisik maupun mental para pemain.

"Ke depannya, saya harap lebih banyak pertandingan karena beda atmosfir pertandingan dan latihan jadi lebih banyak turnamen lebih bagus," kata pria asal Jawa Barat tersebut.

Sebagai seorang atlet yang sangat berharap bisa mengharumkan nama Sulsel pada ajang pra PON, Ibnu akan menyiapkan dirinya dengan memperbanyak latihan, khususnya pada teknik pukulan dan kekuatan fisik yang ia sadari masih banyak kekurangan.

Adapun pemenang Turnamen Ketua Pelti Sulsel 2023 kategori putra yaitu juara 1 Ibnu Nurmadi S, juara 2 Ahmad Naufal Luckynanda Karim, juara 3 bersama putra yakni Gilang Arba'a Saputra dan Dzaky Faturrahman.

Sementara pada kategori putri yaitu juara 1 Nailah Safina, juara 2 Nurul Fadhillah Yusran, selanjutnya juara 3 bersama yakni Nurul Fatimah Yusran dan Zoelfanny Wahyuningrum.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024